Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Saran Rekomendasi Menggunakan CandyCBT 2.8 R3


Candy CBT Versi 2.8 Revisi 3 atau biasa disebut 28R3 (candy 2.8r3). adalah aplikasi ujian  atau computer based test (CBT) berbasis php dan codigniter mulai menunjukkan performa terbaiknya. Setelah melalui tahapan - tahapan perubahan yang sangat menyita tenaga dari Bapak Fajar Sidik.

Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh sekolah mulai dari sekolah dasar sampai dengan sekolah menengah atas dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa. Hasil dari aplikasi inipun sangat memberikan bantuan yang luar biasa bagi guru-guru. Guru tidak lagi disibukkan dengan lembar kertas jawaban anak.

Saya sudah menggunakan aplikasi ini tahun lalu dimulai dari candyCBT versi 2.4, lalu candyCBT versi 2.4a, CandyCBT versi 2.5, CandyCBT versi 2.5a, CandyCBT versi 2.6, CandyCBT versi 2.7, CandyCBT versi 2.8r3. Semua tergolong bagus dan bisa diandalkan dalam pelaksanaan ujian terlebih untuk OFFLINE.

Selama penggunaan offline, saya merasakan manfaat dari aplikasi sangat membantu. Soal tidak perlu difoto copy, LJK/Kertas jawaban tidak perlu diperbanyak, packing soal tidak ada lagi, label soal tidak ditempelkan lagi. Semua sudah ditinggalkan.

Lalu pada ujian semester ini saya menggunakan aplikasi CandyCBT versi 2.8r3 secara ONLINE. Dengan berbekal hosting unlimited dari penyedia jasa hosting, saya mengupload aplikasi ini keserver. Lalu melakukan settingan sesuai dengan instruksi dari pengembang CandyCBT, jadilah aplikasi CandyCBT versi online.

Pengalaman penggunaan CandyCBT versi 2.8r3 :
  • kondisi saya membuat 9 jadwal sekaligus, jika dilakukan secara konvensional artinya tiga sesi ujian. Jumlah kelas X ada 4 dengan 4 jurusan, jumlah kelas XI ada 2 kelas dan 2 jurusan. Setingan waktu dari pukul 07:30WIB s.d 20:00WIB, reset login di nonaktifkan (tidak dicentang).
  • Hasil dari pelaksanaan nilai 0 (nol) ada 3 orang untuk satu mapel, nilai 0 (nol) ada 2 orang untuk mapel lain.
  • Anak tidak ada yang minta reset.

Kemudian saya berpikir keras, (sekeras apa ya??) untuk menemukan solusinya. settingan :
Status anak di CandyCBT versi 2.8r3

Jadwal berlangsung CandyCBT versi 2.8 r3

  1. jadwal sesuai waktu 07:00WIB s.d 09:00WIB satu sesi, dengan 2 sampai 3 mapel.
  2. Jika akhir sesi/jadwal tercapai, saya selesaikan paksa anak-anak. Sebelum jadwal berikutnya mulai.
  3. Hasilnya adalah M A N T A P. Tidak ada masalah, cuma anak-anak pada minta reset.
Saran :
  • Saat jadwal sudah berjalan, jangan mengubah settingan lagi apalagi melakukan centang acak soal, acak opsi. Begh.... bisa hilang jawaban anak-anak.

  • Tepat waktu, 30 detik sebelum jam berikutnya dimulai lakukan selesai paksa. Ini dilakukan agar, tidak terjadi bentrok data jawaban siswa yang sama (menurut saya).
  • Segera setelah ujian langsung download nilai anak (backup data hasil/jawaban anak).
Demikian saran saya dalam menggunakan CandyCBT versi 2.8r3. Barusan saya cek akun candy, sudah ada CandyCBT versi 2.8 r4. Belum ada niat  untuk coba.
Jangan lakukan saat jadwal sudah berlangsung

Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!