Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tuliskan upaya yang dapat kita lakukan untuk menghemat AIR

Tuliskan upaya yang dapat kita lakukan untuk menghemat air
Tuliskan upaya yang dapat kita lakukan untuk menghemat AIR
Pak Galingging - Tuliskan upaya yang dapat kita lakukan untuk menghemat air. Keberadaan air bersih yang terus menyusut setiap tahun akhirnya harus membuat kita waspada terhadap stok atau inventaris. Untuk menjaga stok ini atau pasokan air bersih, Anda tidak ingin melakukan penghematan.

Satu-satunya langkah adalah bahwa jalur tabungan ini memang dipromosikan oleh beberapa pihak, baik dari kalangan pribadi maupun organisasi. Hasil saat ini memiliki banyak pergerakan penuh kasih dan peduli pada alam dengan salah satu programnya, yaitu mempertahankan keberlanjutan dan penghematan pasokan air. Lalu jika kita sendiri ingin menjalankan penghematan air, maka kita dapat melakukan beberapa cara sebagai berikut.

Tuliskan upaya yang dapat kita lakukan untuk menghemat air

1. Monitor penggunaan air
Jika Anda adalah salah satu dari orang-orang yang ingin menghemat air dengan baik maka Anda perlu memantau penggunaan air di rumah Anda. Tanpa pemantauan air, di rumah Anda, air keran dapat terjadi di kamar mandi atau di tempat penampungan.

Tanpa pemantauan air bersih yang harus dikontrol memang dapat melainkan sumber daya ini terbuang dan habis. Oleh karena itu untuk dapat menghemat air, pemantauan dan kontrol adalah harga yang tidak dapat dinegosiasikan. Anda dapat memonitor air ini dengan memasang meter air tidak bisa terlalu boros atau mengidentifikasi kebocoran.

2. Mengurangi Siraman
Cara pertama untuk dapat membuat penghematan air adalah mengurangi selendang dalam beberapa kegiatan yang benar-benar menggunakan teknik shower air. Beberapa kegiatan penyiraman air yang biasanya dilakukan oleh manusia adalah kegiatan pencucian kendaraan, pabrik penyiraman dan halaman atau juga kegiatan penyiraman di kursi toilet. Dalam kegiatan ini Anda tidak dapat menggunakan air secara berlebihan.

Gunakan air dalam teknik penyiraman ini dan mungkin sesuai kebutuhan untuk dapat melakukan penghematan. Jika memang kendaraan Anda masih bersih maka Anda tidak perlu membersihkan kendaraan Anda. Atau jika tanaman Anda telah terekspos hingga hujan, maka Anda juga tidak perlu menyiramnya. Ini adalah cara menghemat air dengan teknik reduksi Thirstan yang dapat Anda lakukan.

3. Matikan keran
Salah satu hal yang sering membuat sumber daya air ini terbuang banyak lupa mematikan keran air. Ketika keran air terbuka dan melingkari air, maka akan ada buang-buang air. Air yang mengisi tempat berlindung penuh, akan membuat air bersih terbuang sia-sia. Dari sini, target penghematan air yang Anda targetkan tidak direalisasikan dan malah membuat Anda memiliki bill besar air atau perusahaan listrik.

4. Waktu Mandi
Mandi memang merupakan momen yang menyenangkan bagi sebagian orang. Jadi ketika kamar mandi tiba tidak sedikit orang menghabiskan waktu lama di kamar mandi. Tetapi tahukah Anda bahwa terlalu lama di kamar mandi maka Anda akan menghabiskan banyak air.

Ketika air menghabiskan terlalu banyak dan sering terjadi seperti ini, target tabungan juga akan rusak dan tidak terwujud. Bagi Anda yang sangat sulit atau bahkan tidak bisa menghilangkan kebiasaan berlama-lama di kamar mandi, Anda dapat menerapkan solusi mandi dengan shower. Dengan pancuran, penggunaan air dapat dihemat sebanyak mungkin.

5. memperbaiki kebocoran.
Saluran air di rumah Anda dapat dihubungkan dengan pipa distribusi. Nah pada pipa-pipa ini ada kebocoran yang tidak Anda harapkan. Oleh karena itu untuk melakukan penghematan air yang Anda butuhkan untuk memeriksa saluran air. Jika Anda menemukan kebocoran pada pipa air, Anda harus segera terburu-buru untuk memperbaikinya. Segera perbaiki kebocoran pipa air ini, Anda dapat membuat tabungan dengan benar.

6. Sikat gigi Anda dengan air seperlunya
Menurut penelitian, ada sekitar enam liter air yang akan terbuang dari air keran yang menyala ketika seseorang melakukan aktivitas menyikat gigi. Secara umum ketika seseorang menggosok giginya memang mereka menyalakan air keran dan terus menyalakannya meskipun dia tidak menggunakannya karena dia menyikat giginya. Dari sini banyak yang tidak menyadari bahwa dia buang air, itu tidak berguna dan sia-sia. Karena itu ketika menyikat gigi, itu bagus untuk mematikan keran air saat tidak menggunakannya. Dari sini Anda akan lebih mudah untuk melakukan penghematan dengan baik.

7. Gunakan pemanas air "Point of Use"
Komponen berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat penghematan air adalah pemanas air "titik penggunaan". Dengan pemanas kecil ini, air panas dapat langsung diperoleh dan Anda gunakan tanpa harus membuang air sambil menunggu itu hangat. Dari permintaan air panas yang cukup besar saat ini, pemanas air ini mampu menjadi solusi hemat. Selain sebagai solusi tabungan, pemanas air ini akan memberi manfaat bagi Anda karena tidak perlu membutuhkan ruang besar untuk penyimpanan.

8. Gunakan mesin dan selang tekanan untuk mencuci mobil
Selain penggunaan air saat menyikat gigi, kegiatan pencucian kendaraan juga pada umumnya akan membuat air sering terbuang sia-sia. Jadi, jika Anda memang berencana untuk melakukan penghematan, Anda dapat melakukan teknik penggunaan mesin dan selang bertekanan pada kegiatan pencucian kendaraan. Menggunakan mesin boros tekanan dan selang, diyakini ini akan dapat menghemat hingga 80 persen penggunaan air. Selain menghemat air, dengan teknik ini seseorang juga diyakini dapat menghemat banyak waktu.

9. Aerator Tap.
Cara selanjutnya untuk menghemat air di rumah adalah dengan menggunakan keran aerator. Aerator itu sendiri adalah mesin penghasil gelembung udara yang menunjuk adalah untuk memindahkan air ke dalam akuarium sehingga airnya kaya akan oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh semua ikan. Dengan alat ini Anda akan dapat membatasi aliran keran. Dari sana akan pada akhirnya Anda akan dapat membuat penghematan air dengan baik.

10. Gunakan filter air
Jika Anda sering membeli air dengan kemasan galon maka Anda dapat membuat penghematan lagi dengan menggunakan filter air. Apa efeknya? Ya menggunakan filter air, Anda tidak perlu lagi membeli air botolan atau air galon. Anda dapat menggunakan air keran di rumah Anda untuk konsumsi dengan benar dengan memfilternya dengan alat. Mungkin Anda pada waktu pembelian awal Anda harus menghabiskan dana besar, tetapi pada saat Anda melakukan perhitungan atau perhitungan maka Anda akan merasa bahwa Anda menabung lebih banyak.

11. Gunakan air kembali
Selanjutnya, cara menghemat air di rumah adalah dengan menggunakan air kembali (menggunakan kembali air). Anda tahu bahwa air yang digunakan kotor dan tidak dapat digunakan lagi. Belum tentu, beberapa kegiatan seperti mencuci buah-buahan dan sayuran air masih dapat digunakan lagi pada air tanaman. Jadi air yang digunakan untuk menyiram air Anda mengumpulkan terlebih dahulu di wajan atau baskom maka Anda dapat menggunakannya kembali ke tanaman air. Dengan ini, Anda dapat membuat penghematan seperti yang Anda inginkan.

12. Hindari botol plastik
Akhirnya, cara menghemat air di rumah adalah untuk menghindari penggunaan botol plastik. Selain dianggap sebagai penggunaan botol plastik yang tidak efisien diyakini merusak sumber air di tanah. Menurut Anda mengapa begitu? Sebab, botol plastik ini adalah komponen yang memang sangat sulit untuk dipecah di tanah. Jadi ketika dekomposisi, botol plastik ini membutuhkan waktu lama. Lebih dari itu racun yang terkandung dalam botol plastik dapat mencemari tanah dan sumber air yang ada. Oleh karena itu untuk membuat tabungan Anda dapat menggunakan botol kemasan yang dapat digunakan berkali-kali dan diisi ulang.

Air dapat menyelamatkan lingkungan

Begitu juga beberapa cara untuk menghemat air di rumah. Jadi, jika Anda benar-benar merencanakan atau menjadwalkan penghematan, Anda dapat menerapkan beberapa tips di atas. Dengan hemat air, Anda tidak hanya akan dapat menyelamatkan keuangan, tetapi Anda juga telah mengambil tindakan penyelamatan lingkungan.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mampir di blog kami.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!