Skip to main content

Tipe transmisi berdasarkan selective gearnya yaitu



Tipe transmisi berdasarkan selective gearnya yaitu

Jumpa lagi dengan pembahasan tipe transmisi berdasarkan selective gearnya yaitu. Kali ini mengenai transmisi kendaraan ringan otomotif. Pertanyaan ini juga biasanya dijaumpai oleh kelas XI TKR pada mata pelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan.

Sistem transmisi pada mobil merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk memudahkan perpindahan gigi percepatan yang diteruskan ke poros roda. Dalam pelaksanaanya perpindahan gigi percepatan dibantu oleh kopling.

Jenis-jenis atau tipe transmisi manual berdasarkan selective gearnya atau pemilihan gigi percepatan ada tiga (3), yaitu Tipe Slideing mesh, Tipe Constant Mesh, Tipe Syncronmesh. Bagian akan saya jelaskan berikut ini.

a. Tipe Sliding Mesh

Transrnisi ini telah digunakan pada kendaraan bermotor pada tahun
1930-an.  Transmisi  ini menggunakan roda gigi  jenis  spur gear  dan dibuat dengan tiga poros yang terpisah, yaitu:
I)  Poros primer (primary shaft) -  yaitu poros yang menerima  gerak
putar pertama dari kopling.
2) Poros  perantara  (layshaft/countershaft)  -  yaitu  tempat  roda  gigi langsung ditempatkan.
3)  Poros  utama  (mainshaft) -  yaitu  poros  keluar  dari transmisi,  ke
komponen sistem pemindah tenaga lainnya.

b. Tipe Constant Mesh

Pada transmisi model ini, roda gigi yang berkaitan hams dapat bergerak pada putaran yang sama. Jika tidak, gigi-gigi akan berbunyi dan tidak berkaitan dengan mudah. Model constant mesh telah dikembangkan untuk membatasi kekurangan pada tingkat tertentu.

c. Tipe Synchromesh

Transmisi Tipe Synchromesh mempunyai banyak keuntungan dan memungkinkan pemindahan gigi dengan lembut dan cepat tanpa menimbulkan bahaya pada gigi-gigi dan tidak memerlukan pelayanan dengan kopling ganda (double clutching).
Bagian-bagian utama transmisi sinkromesh terdiri dari komponen berikut ini:
  • Clutch hub berkaitan dengan output shaft pada alur-alurnya.
  • Clutch hub sleeve berkaitan dengan bagian luar, dilengkapi dengan alur bagian luar untuk garpu pengatur (shift fork).
  • Synchronizer ring, berada di samping bagian gigi yang tirus pada output shaft. Ring ini terbuat dari tembaga paduan.
  • Baji sinkromesh (synchromesh shifting key), dipasangkan di tiga tempat di bagian luar diameter clutch hub dan ditekan oleh pegas- pegas pada hub sleeve.
Demikian Tipe transmisi berdasarkan selective gearnya yaitu yang dapat saya jelaskan. Smoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar