Sebutkan keuntungan dan kerugian jenis mekanisme katup
Ditulis pada: October 05, 2020
Sebutkan keuntungan dan kerugian jenis mekanisme katup -
Pertanyaan kali Sebutkan keuntungan dan kerugian jenis mekanisme katup. Pertanyaan ini akan saya bahas secara detail. Dimana,jika kita berbicara mengenai mekanisme katup, kita harus mengidentifikasi beberapa macam jenis mekanisme katup yang digunakan pada engine, baik itu engine diesel ataupun engine bensin.
Pengertian Mekanisme Katup.
Mekanisme katup adalah rangkaian mekanis yang disusun secara sistematis untuk membuka saluran intake intake ketika piston berada pada langkah isap serta membuka saluran exhaust ketika posisi piston berada pada langkah buang.
Katup hanya anda temukan pada motor 4 langkah, sedangkan pada motor 2 langkah umumnya tidak menggunakan katup. Pada motor empat langkah, katup dipasang pada kepala silinder. Dimana tugas utamanya adalah membuka dan menutup ruang bakar sesuai langkah kerja.
Keuntungan dan Kerugian Jenis Mekanisme Katup
a. SV (Side Valve)
Konstruksi SV memiliki ciri katup berdiri dan berada di sampingblok motor serta poros cam terletak di bawah. Kelebihannya ialah konstruksi mesin sederhana, mesin pendek sehingga tidak memakan tempat, dan suara tidak berisik. Kekurangannya ialah bentuk ruang bakar kurang menguntungkan bagi proses pembakaran yang ideal dan penyetelan celah katup sulit.
b. OHV (Over Head Valve)
Untuk jenis ini, posisi katup sudah berada di atas piston. Katup digerakkan oleh rocker arm. Rocker arm mendapat dorongan daripush rod yang diatur oleh camshaft yang posisinya masih berada di bawah.
Kelebihan OHV
- Mempunyai masa pakai timming chain yang lebih lama karena ukuran timming chain pendek.
- Dilihat dari bentuk dan juga konstruksinya, mesin mobil dengan menggunakan mekanisme OHV ini terbilang cukup kompak.
- Mempunyai konstruksi yang juga cukup kokoh meskipun bisa dibilang cukup kompak.
Kekurangan OHV
- Tenaga mesin terbilang cukup terbatas karena RPM maksimal yang didapat sekitar 6.000 rpm.
- Terdapat banyak sekali komponen yang saling bergesekan, hal ini membuat mesin dengan mekanisme ini mempunyai suara yang tergolong kasar.
- Penggunaan bahan bakar yang lebih boros.
c. SOHC (Single Over Head Camshaft)
Untuk jenis ini, posisi katup dan camshaft berada di atas piston (mekanisme katup ada di cylinder head). Batang penekan seperti push rod telah dihilangkan dan diganti dengan cam chain (rantai kamprat).
Kelebihan Mekanisme Katup Tipe SOHC adalah
- Perpindahan tenaga lebih singkat sehingga jenis ini memiliki performa yang lebih baik
- Katup langsung digerakkan oleh camshaft sehingga pada kecepatan tinggi katup dapat membuka/menutup lebih cepat
Kekurangan Mekanisme Katup Tipe SOHC
- Hampir semua komponen mekanisme katup terletak di kepala silinder, sehingga kepala silinder tampak penuh dan butuh ruang yang lebih besar.
- Terdapat resiko timing belt putus yang membuat mesin macet sehingga perlu penggantian timing belt secara rutin. (Catatan: Jika tipe menggunakan timing belt)
d. DOHV (Double Over Head Valve)
DOHC merupakan suatu sistem poros ganda yang berada di kepala silinder. DOHC merniliki fungsi yang sama dengan SOHC, akan tetapi memiliki perbedan yang berada pada jumlah poros cam. DOHC memiliki dua poros cam, sedangkan SOHC memiliki satu cam. Pada sistem DOHC, ada yang menggunakan rocker arm dan ada yang tidak. Klep masuk dan klep buang dioperasikan sendiri oleh dua buah cam.
Kelebihan Mekanisme Katup Tipe DOHC
- Cocok untuk mesin berkapasitas besar.
- Mampu memasok campuran udara dan bahan bakar dalam jumlah yang banyak.
- Mendukung mobil dengan tuntutan tenaga yang besar maupun mesin balap.
Kekurangan Mekanisme Katup Tipe DOHC
- Kontruksi lebih mahal.
- Penyetelan celah katup lebih sulit.
Itu yang dapat saya jelaskan mengenai Sebutkan keuntungan dan kerugian jenis mekanisme katup kali ini. Semoga dapat membantu anda.