Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

KEGUNAAN DARI RECTIFIER ADALAH

Rectifier Fullwave

 KEGUNAAN DARI RECTIFIER ADALAH

Pada sistem kelistrikan kendaraan bermotor dilengkapi dengan sistem pengisian. Dimana dalam pengisian ini berperan penting kegunaan dari rectifier dalam mengisi baterai. Kegunaan dari rectifier adalah mengubah arus listrik bolak-balik/AC  (Alternating Current) menjadi arus lisrik searah/DC (Direct Current).

Perubahan arus listrik AC ke DC memiliki variasi gelombang. Variasi setengah gelombang (half wave), atau pun gelombang penuh (fullwave) ini tergantung dari susunan rangkaian rectifier ini, misalnya menggunakan 1 dioda, 2 dioda ataupun 4 dioda.

Retifier yang disusun dengan satu dioda akan mengubah arus listrik AC menjadi DC dengan kondisi setengah gelombang. Setengah gelombang ini maksudnya adalah perubahan hanya dilakukan pada arus positif saja, sedangkan pada bagian negatif di ubah atau disearahkan.

Sementara pada rectifier yang disusun dengan 4 dioda mampu mengubah arus listrik AC menjadi arus listrik DC dengan kondisi Fullwave (gelombang penuh), artinya kedua arus pada kutub positif dan negatif disearahkan.


Gambar diatas adalah contoh rectifier yang disusun dengan menggunakan 4 dioda, kegunaan dari rectifier 4 dioda ini adalah menghasilkan arus searah dengan gelombang penuh (fullwave). Arus dengan fullwave ini dibutuhkan oleh rangkaian listrik yang memiliki komponen sensitif terhadap arus.

Penutup

Semoga artikel KEGUNAAN DARI RECTIFIER ADALAH dapat membri anda informasi yang sesuai dengan keinginan anda. Jika ada saran, silahkan tinggalkan dikolom komentar.

Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!