Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengatasi Kunci Kontak Mio J Macet

Mengatasi Kunci Kontak Mio J Macet

Kunci Kontak Mio J Macet 

Kunci kontak mio J dilengkapi dengan sistem pengaman yang baik untuk menghindari tangan jahil dalam memaksa menghidupkan motor tanpa anak kunci kontak asli. Sistem pengaman ini berupa penutup lubang dari anak kunci kontak dimasukkan. Uniknya, pengaman ini tidak biasa karena penutup ini menutupi semua bagian kunci kontak yang dapat pembaca blog Pak Galingging lihat pada kap motor. 

Kunci kontak yang baik adalah ketika anak kunci kontak masuk dengan baik, lancar, tidak macet ketika kita memasukkan anak kunci kedalam lubang kunci. Lubang ini dilengkapi dengan berbagi komponen-komponen kecil yang dilengkapi pegas sebagai pendorongnya. Ketika kita mencolokkan anak kunci, komponen ini akan bergeser sehingga mengikuti bentuk anak kunci. 

Pada saat anak kunci ini tidak sesuai atau tidak bagian dari kunci kontak, komponen kecil ini akan menghasilkan bentuk lain. Sehingga kontak point dari kunci kontak tidak dapat digerakkan untuk ON. Selalu menggunakan anak kunci kontak, dapat membantu pembaca blog Pak Galingging merawat kunci kontak agar tidak rusak. 

Sungguh tidak nyaman ketika kita mencolokkan anak kunci kedalam kunci namun terasa sangkut, tidak lancar atau bahkan macet, anak kunci tidak dapat masuk sebagaimana batas seharusnya. Pembaca blog Pak Galingging pasti akan berusaha dengan memutar-mutar anak kunci searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam. Selama melakukan itu, pembaca blog Pak Galingging sudah menyianyiakan waktu beberapa saat. 

Pak Galingging akan menjelaskan penyebab kemacetan pada kunci kontak motor matik khusunya Mio J. Penyebab kemacetan kunci kontak ini ada banyak hal. Sebenarnya Pak Galingging yakin pembaca blog Pak Galingging juga bisa mengatasinya dengan baik.

Penyebab kunci kontak Mio J macet antara lain : 


1. Kondisi kunci kontak yang sangat kering. 
Kunci kontak yang sangat kering bisa terjadi apa bila kondisi motor pembaca blog Pak Galingging sering parkir ditempat terik matahari langsung. Panas terik ini akan membuat komponen kompoen kecil dan pegasnya didalam sistem kunci kontak mengering. Kondisi kering ini mengakibatkan komponen ini sangkut saat bergerak pada tempaatnya. Sehingga pembaca blog Pak Galingging akan marasa macet dan tidak lancar saat memasukkan anak kunci. 

2. Kondisi Kunci kontak berkarat 
Pak Galingging yakin kondisi ini sangat dapat pembaca blog Pak Galingging lihat dengan jelas. Warna colat kemerah-merahan adalah warna karat pada umumnya. Karat ini juga menyebabkan komponen komponen kecil dan pegasnya tidak bisa bergerak pada tempatnya (lubangnya). Kondisi ini anak kunci bahkan tidak bisa masuk. 

3. Kunci kontak pernah dipaksa bergerak dengan kunci lain 
Kunci kontak yang pernah dipaksa masuk dengan benda lain menyebabkan kerusakan aus pada komponen komponen kecil dan pegasnya. Sehingga anak kunci akan masuk dengan babalas dan terasa dol. 

4. Ada peniti didalam kunci 
Pak Galingging sudah pernah mengalami hal ini. Anak kunci tidak mau masuk kedalam kunci kontak dan terasa tersangkut ada yang mengganjal. Untungnya pada saat itu sistem kelistrikan motor Pak Galingging memiliki alarm yang bisa membypass kunci kontak ON. Setelah Pak Galingging bongkar kunci kontak, Pak Galingging menemukan klip dokumen didalam kunci. 


5. Usia sudah usang 
Pak Galingging tidak perlu menjelaskan bagian ini. Namun Pak Galingging langsung saja memberi solusi. Silahkan langsung pembaca blog Pak Galingging ganti dengan kunci kontak yang baru. 

Oke, sekarang solusi. Untuk kunci kontak dengan masalah sangat kering, berkarat dan ada peniti didalam kunci kontak masih dapat pembaca blog Pak Galingging lakukan perbaikan. Dengan membongkar kunci kontak dan memberi pelumas yang banyak. Pastikan semua bagian kunci kontak bersih dan terlumasi. Untuk solusi masalah kunci kontak yang pernah dipaksa dengan benda lain, Pak Galingging sarankan ganti dengan yang baru. 



Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!