Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Membaca Kode Busi NGK dengan Tabel Busi

 


Kode Busi NGK

Busi merupakan salah satu komponen penting dari sistem pengapian kendaraan bermotor anda. Busi ini berfungsi mengubah arus self-induction secondary coil menjadi percikan bunga api. Bunga api inilah yang memicu pembakaran campuran udara dan bahan bakar yang ada didalam cilinder. Sehingga terjadi langkah usaha.

Ada banyak manufactur yang membuat busi, antara lain NGK, Denso, Bosch, dan lainnya. Manufaktur ini memiliki kesamaan dalam membuat busi. Kesamaan ini adalah mereka sama-sama tabel kode produk mereka. Namun demikian, kode yang ada dalam tabel berbeda antara NGK, Denso dan Bosch.

Tidak usah khawatir tentang kode-kode ini, karena akan selalu ada jalan pintas untuk mengetahui spesifikasi dari busi anda. Kenapa perlu mengetahui spesifikasi busi? dan jalan pintas yang seperti apa? Pak Galingging akan menjawab dengan cepat, jawabanya adalah anda perlu mengetahui spesifikasi busi anda agar anda dapat melakukan substitusi apa bila merek busi anda sekarang sulit didapat dipasaran. Kedua jalan pintas itu adalah mengukur langsung busi anda dengan jangka sorong, dan pitch tread.

Cara membaca kode busi NGK

Kali ini saya akan menterjemahkan busi NGK dengan kode CR6HSA, antara lain :
Berdasarkan tabel diatas dapat kita ketahui spesifikasi busi Mio J dengan kode CR6HSA
1. C     diameter ulir busi adalah 10 mm
2. R     diameter HEX (ukuran kunci busi) adalah 16 mm
3. 6      busi panas
4. H     Panjang ulir 12,7 mm
5. S      Jenis elektroda adalah super copper
6. A     Fitur desain adalah spesial

Untuk lebih lengkap dan jelas silahkan perhatikan gambar dibawah ini.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat bagi anda mekanik handal.

Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!