Berapa Torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps : Lihat Tabel
Ditulis pada: July 07, 2021
Torsi baut mesin 14B Toyota - Mesin Toyota yang satu ini memiliki tipe direct-injection (diesel injeksi langsung) yang dipasangkan pada truk Dyna Rino. Dengan kapasitas 3,7 liter, OHV, empat silinder segaris yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 97 hp (71,6 kW) pada 3350rpm dan torsi sebesar 177 lb·fts (240 N·m) pada 1.800 rpm.
Dengan melakukan beberapa penelusuran yang Pak Galingging lakukan terkait Toyota Dyna, kami menemukan bahwa Toyota Dyna ini memiliki banyak variasi mesin dengan variasi kode yang berbeda-beda. Akan tetapi secara umum, ada dua tipe mesin yang digunakan pada Toyota Dyna yaitu mesin W04D dan 14B.
Toyota Dyna Rino memiliki Mesin 14B digunakan pada dapur pacunya, dimana truck ini diproduksi sampai tahun 2002, sedangkan mesin W04D digunakan hingga kini pada Toyota Dyna terbaru. Sementara Mesin W04D ini juga ada digunakan pada kendaraan truk Hino Dutro.
Untuk itu artikel kali ini, kami akan sharing informasi penting terkait tabel torsi baut mesin 14B untuk Toyota Dyna Rino 115ps. Info tabel torsi ini bersumber dari Buku Pedoman Reparasi 14B Toyota edisi aug 1988 dengan kode pub no. RM132E. Tetapi, kami hanya mengambil beberapa bagian torsi yang penting-penting saja misalnya torsi untuk silinder head, metal duduk, metal jalan, dan crankshaft. Lihat tabel ukuran dan torsi baut mesin 14B Toyota Dyna dibawah ini.
Torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino 115ps
ITEM /KOMPONEN | Torque (kgf.cm) |
---|---|
TORSI CYLINDER HEAD (SILINDER KEPALA) | |
Cylinder head bolt (baut silinder head / silinder kepala) | 500 + 90° + 90° |
Rocker cover bolt (baut rocker cover / tutup silinder kepala) | 105 kgf.cm2 |
Valve rocker support bolt (baut valve rocker shaft assembly) | 250 kgf.cm2 |
TORSI PISTON DAN CONNECTING ROD | |
Connecting rod bearing nut (mur metal jalan) | 700 + 90° |
TORSI CRANKSHAFT DAN SILINDER BLOK | |
Rear engine oil seal retainer bolt B | 185 kgf.cm2 |
Flywheel bolt (baut flywheel / roda gila) | 1800 kgf.cm2 |
Crankshaft dumper pulley bolt (baut puli crankshaft) | 3000 kgf.cm2 |
Main bearing cap bolt (baut metal duduk) | 2000 kgf.cm2 |
Valve lifter bolt A | 75 kgf.cm2 |
Valve lifter bolt B | 375 kgf.cm2 |
TORSI TIMING GEAR DAN OIL PUMP | |
Oil nozzle and check valve | 350 kgf.cm2 |
Camshaft timing gear bolt (baut gear camshaft) | 375 kgf.cm2 |
Camshaft thrust plate bolt (baut thrust plate camshaft) | 185 kgf.cm2 |
Timing gear cover bolt A | 375 kgf.cm2 |
Timing gear cover bolt B dan C | 185 kgf.cm2 |
Idle gear shaft union bolt (baut shaft idle gear) | 110 kgf.cm2 |
Idle gear holder bolt (baut plat holder idle gear) - thrust plate | 475 kgf.cm2 |
Drain plug (baut pembuangan oli) | 350 kgf.cm2 |
Oilpump (timing gear case) 12mm Bolt (C) | 185 kgf.cm2 |
Oilpump (timing gear case) 14mm Bolt (A,B) | 375 kgf.cm2 |
Oil pipe union bolt | 500 kgf.cm2 |
Relief valve plug | 500 kgf.cm2 |
Oil pan (20 bolts + 4 nuts) | 185 kgf.cm2 |
Strainer oil sub assy (baut saringan oil strainer) | 185 kgf.cm2 |
TORSI INJECTION PUMP DAN NOZZLE | |
Nozzle pipe nut (mur pipa nozzle) | 250 kgf.cm2 |
Nozzle leakage pipe Union Bolt (baut union pipa pengembali bahan bakar) | 250 kgf.cm2 |
Union Nut injection nozzle pipe (mur union pipa nozzle) | 185 kgf.cm2 |
Injection pump assy nut (mur pompa injeksi) | 185 kgf.cm2 |
Injection pump flange | 185 kgf.cm2 |
Bolt fuel inlet pipe | 250 kgf.cm2 |
TORSI WATERPUMP DAN COOLING FAN | |
Water pump assy (baut waterpump) | 250 kgf.cm2 |
Water outlet pipe assembly bolt (baut pipa autlet air) | 185 kgf.cm2 |
TORSI EXHAUST MANIFOLD DAN INTAKE MANIFOLD | |
Heat insulator (baut plat penahan panas exhaust) | 185 kgf.cm2 |
Intake heater / intake flange | 185 kgf.cm2 |
Baut dan Mur exhaust manifold | 475 kgf.cm2 |
Baut dan mur Intake Manifold | 185 kgf.cm2 |
Catatan: Pada tabel diatas nilai torsi menggunakan satuan kgf.cm2 (kilogram force centimeter), Anda harus memperhatikan penggunaan satuan yang digunakan pada kunci torsi dan menyesuaikannya dengan nilai tabel sebelum pengencangan.
Pak Galingging sudah memeriksa dengan seksama Tabel torsi diatas merupakan rangkuman yang sudah fix. Dalam menghindari kesalahan dalam bekerja, sebaiknya anda tetap mengikuti buku panduan service manual resmi yang diterbitkan sesuai dengan model dan tipe mesin yang sedang anda kerjakan.
Uraian pada artikel tentang tabel torsi baut mesin 14B Toyota Dyna Rino yang bisa Pak Galingging bagikan, semoga dapat membantu pembaca sekalian dalam mengatasi mesin 14B Toyota.