Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Tindakan Penanganan Kebakaran dengan Cara Memutuskan udara luar dengan benda yang sedang Terbakar disebut proses

Source: Pak Galingging

Kali ini kita bahas tindakan penanganan kebakaran dengan cara memutuskan udara luar dengan benda yang sedang terbakar disebut proses ISOLASI(✔). Pertanyaan ini lagi viral dikalangan siswa SMP yang sedang ujian tengah semester. Bagaimana penjelasannya, yuk simak terus artikel ini.

Tindakan penanganan kebakaran

Beberapa sumber pustaka menyebutkan bahwa untuk dapat memadamkan kebakaran (api) ada beberapa cara/metode yang dapat diambil. Metode ini dirumuskan berdasarkan teori terbentuknya api (segitiga api) yaitu diantaranya ialah dengan metode pendinginan, isolasi, dilusi, pemisahan bahan mudah terbakar dan pemutusan rantai reaksi api. Metode prinsip pemadaman api/kebakaran ini dibuat menjadi langkah atau tindakan dalam penanganan kebakaran. Anda juga sebagai orang awam tidak ada salahnya mengetahui metode ini, agar anda menjadi orang yang pertama mencegah terjadinya kebakaran.


✔ Metode Pendinginan
Prinsip dari metode ini adalah menghilangkan unsur panas dan menggunakan media bahan dasar air untuk memadamkan api. Api akan terhalang menjalar ketika lingkunganya sudah mendingin.

✔ Metode Isolasi
Anda dapat menutup permukaan benda yang terbakar untuk menghalangi unsur O2 menyalakan api. Silahkan menggunakan media serbuk ataupun busa untuk mengisolasi api.

✔ Metode Dilusi
Metode ini memiliki langkah kerja dengan meniupkan gas inert untuk menghalangi unsur O2 menyalakan api. Terkadang firefighter juga menggunakan media gas CO2 untuk men-dilusi api.

✔ Metode Pemisahan Bahan Mudah Terbakar Langkah yang paling tradisional memadamkan api adalah dengan memisahkan bahan mudah terbakar dari unsur api. Langkah konkretnya dengan memindahkan bahan-bahan mudah terbakar jauh dari jangkauan api.

✔ Metode Pemutusan Rantai Reaksi
Pada kebakaran yang disebabkan bahan kimia memutus rantai reaksi api dengan menggunakan bahan tertentu untuk mengikat radikal bebas pemicu rantai reaksi api sangat diperlukan. Biasanya petugas pemadam menggunakan bahan dasar Halon (Penggunaan Halon sekarang dilarang karena menimbulkan efek rumah kaca).

Benda yang sedang terbakar

Jika anda melihat api sedang menyelimuti sebuah benda, itu artinya benda yang sedang terbakar. Tindakan memadamkan api harus segera diambil untuk mencegah hal buruk terjadi. Jangan membiarkan benda yang sedang terbakar. Dapat saja benda ini menjadi penyebab kebakaran yang lebih besar.

Memutuskan udara luar dengan benda yang sedang terbakar disebut proses

Pada penjelasan metode isolasi sangat gamblang disampakan bahwa Memutuskan udara luar dengan benda yang sedang terbakar disebut proses penanganan kebakaran dengan menggunakan tindakan metode isolasi.

Uraian tindakan penanganan kebakaran dengan cara memutuskan udara luar dengan benda yang sedang terbakar disebut proses telah kami paparkan dengan lengkap kepada anda. Rangkaian belajar yang efektif lainya, seperti mengikuti les tambahan perlu anda lakukan sebagai siswa. Agar peningkatan prestasi belajar terasa drastis dan membuat bangga orang tua.

Kesimpulan
Memutuskan udara luar dengan benda yang sedang terbakar disebut proses penanganan kebakaran dengan menggunakan tindakan metode isolasi.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!