Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mencegah Mobil Mogok Saat Melintasi Banjir

Mencegah Mobil Mogok Saat Melintasi Banjir
Source: labtech.my.id

Berkendara pada saat musim hujan selalu akan menemui genangan air bahkan banjir di jalan raya. Hal itu, menimbulkan kemacetan, dan bisa membuat kendaraan mogok.

Bagaimana caranya untuk menghindari masalah pada kendaraan saat melintasi genangan air. Berikut beberapa tips berkendara yang perlu Anda perhatikan:

  1. Hindari genangan air atau banjir, waspadai pohon tumbang atau papan reklame.
  2. Jika sudah terdapat tanda-tanda banjir, segera evakuasi mobil ke tempat yang aman atau dongkrak mobil, ganjal dengan jackstand dan tutup knalpot.
  3. SBila terjebak banjir saat mesin masih menyala, segera matikan mesin dan dorong mobil ke tempat aman.
  4. Bila mobil sempat terendam air banjir, jangan langsung menghidupkan mesin mobil anda.
  5. Jangan mengebut saat mengemudi di lokasi banjir agar terhindar dari cipratan berlebih di ruangan mesin yang berpotensi membuat mobil mogok.
  6. Gunakan gigi 1 jika terpaksa harus menerjang banjir (mobil matik pindah ke L atau 1) sebab beban mobil lebih berat saat menerjang banjir.
  7. Anda tidak perlu terlalu khawatir soal knalpot karena knalpot sudah dibuat tidak akan kemasukan air selama mesin tetap menyala.
  8. Ketimbang memperhatikan knalpot, yang harus diperhatikan adalah justru filter udara di ruang mesin. Bagian ini lebih rentan membuat mogok apabila kemasukkan air (cipratan dari menerjang banjir). Oleh karena itu, perlahan saja saat melintasi banjir.
  9. Jika memungkinkan, hindari berhenti di tengah banjir karena saat mobil berhenti, permukaan air akan naik ke ruang mesin.
  10. Jangan ngegas saat melewati banjir sebab filter udara semakin kuat menyedot udara, yang berarti potensi menghisap air makin besar.
  11. Selalu siaga dan cermat pada kondisi jalan banjir. Tanpa Anda menyadarinya, justru yang membuat mobil mogok terjangan ombak air dari mobil lain.
  12. Setelah melewati genangan, jangan langsung mengebut. Tindakan ini cukup berbahaya karena kondisi rem masih sangat licin.
  13. Lalu bagaimana cara mengeringkan rem setelah melewati genangan air? Cukup lakukan rem kecil berulang hingga terasa menggigit kembali.
  14. Untuk mobil manual, usahakan menghindari menginjak kopling saat berada di genangan banjir. Menginjak kopling di genangan banjir membuat air masuk ke transmisi sehingga bisa merusak transmisi karena oli bercampur air.
  15. Jika Anda belum familiar dengan jalan yang dilewati saat ini, usahakan jangan melintas pinggir atau tepi jalan karena kemungkinan terdapat selokan atau pembatas.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!