Skip to main content

Engine 4 silinder fo 1-3-4-2 pada top kompresi silinder 1 katup mana saja yang bisa disetel

Celah katup mana saja saat piston Top 1 dapat disetel

Dalam penyetelan celah katup kita harus berpedoman pada buku manual agar mengetahui dengan pasti katup yang dapat disetel ketika piston top 1 kompresi dengan urutan FO 1-3-4-2. Saya memberikan tips dengan menambahkan angka 1 tepat dibelakang urutan Firing Order 1-3-4-2, sehingga kita memperoleh pattern 1-3-4-2-1.

Setelah itu perhatikan cara menentukan celah katup saat piston top kompresi 1 di bawah ini.

Pada gambar dibawah angka nomor 4 dicoret ditandai sebagai silinder no 4 celah klepnya tidak dapat disetel.

Semetara pada sisi sebelah kiri (nomor 3 dan 1) menandakan katup Exhaust (katup buang) sebagai katup yang bisa disetel, yaitu katup EX silinder 1 dan silinder 3
Engine 4 silinder fo 1-3-4-2 pada top kompresi silinder 1 katup mana saja yang bisa disetel

Lalu dari sisi sebelah kanan menandakan katup Intake (katup hisap) sebagai katup yang dapat di setel, yaitu katup IN silinder 2 dan silinder 1.


Berdasarkan langkah diatas dapat kita simpulkan katup yang dapat disetel seperti gambar diatas adalah:

Dengan engine 4 silinder fo 1-3-4-2 pada top kompresi silinder 1 celah katup yang dapat disetel pada piston top kompresi 1 dengan FO 1-3-4-2 adalah
  1. Katup Exhaust  =  Silinder 1 dan juga  silinder 3
  2. Katup Intake  =  Silinder 2 dan juga silinder 1
  3. Pada Silinder 4 kedua katup intake dan exhaust tidak dapat disetel
Hasil penyetelan akan mantap dan tidak akan terjadi tabrakan antara katup dan piston. Engine dan bloknya dapat anda pasang untuk di-On-kan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar