Skip to main content

Tips dan Cara Menerapkan Belajar Teknik Feynman

Belajar di rumah tanpa dibantu oleh guru bimbel memang butuh usaha yang extra. Kita harus menguasai dan memahami sendiri materi pelajaran.


Tips berikut yang kami bagikan untuk membantu kamu dalam memahami dan menguasai materi pelajaran patut kamu coba. Semua orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Tetapi tidak ada salahnya teknik yang satu ini kamu coba.

Teknik Feynmann begitulah teknik ini disebut. Karena penemu teknik ini bernama Richard Feynmann seorang ahli fisika.

Bagaimana sih Teknik Feynmann itu? Mari ikuti berikut ini.
1. Pilih salah satu materi yang ingin kamu pahami.

2. Mulailah membaca materi, pada tahap ini kamu bebas menggunakan gaya atau teknik membaca.

3. Setelah kamu membaca kemudian lah catatan ringkas, bentuk catatan ini bebas sesuai kemampuan kamu ringkasan materi.

4. Kemudian tutup bukumu lalu mulailah menjelaskan materi yang telah kamu baca dan ringkas sebelumnya kepada teman atau di depan cermin.

5. Lakukan tahap ini sampai materi terakhir, jika ada materi yang yang lupa lewatkan saja pada saat proses menjelaskan. Tahap kelima inilah namanya teknik Feynmann.

6. Setelah proses menjelaskan pertama kamu lalui dan pada materi yang belum dipahami, pelajari kembali materi yang belum kamu pahami.

7. Setelah mengulang mempelajari materi yang belum kamu pahami selesai ulangi lagi menjelaskan materi kepada teman atau di depan cermin.

8. Setelah semua materi dapat kamu sampaikan dengan bahasamu sendiri artinya kamu telah berhasil menguasai dan memahami materi.

9. Selamat kamu telah berhasil menggunakan teknik Feynmann.


Cukup mudah bukan menggunakan teknik Feynmann? Semoga pelajaran kamu memberikan hasil yang membanggakan orang tua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar