Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jelaskan prosedur penggunaan apar sesuai dengan SOP

 

Jelaskan prosedur penggunaan apar sesuai dengan SOP

Pertanyaan jelaskan prosedur penggunaan apar sesuai dengan sop akan kamu temukan di mata pelajaran Teknologi dasar Otomotif. Materi jelaskan prosedur penggunaan apar sesuai dengan sop sangat penting untuk anda pahami sebelum masuk dan bekerja dibengkel.

Perlunya menguasai SOP prosedur penggunaan APAR sangat penting. Karena kamu berhadapan dengan engine yang memiliki komponen yang mudah terbakar, yaitu behan bakar maupun kelistrikan. Saat terjadi kebakaran kecil, kamu harus segera dapat memadamkannya sebelum api membesar.

Prosedur penggunaan apar sesuai dengan SOP dapat kamu mulai dari Pull, Aim, Squezee, Sweep atau disebut dengan istilah P A S S. Prosedur ini sudah sangat standar hampir diseluruh negara didunia. Bagaimana prosedur penggunaan apar sesuai dengan SOP berikut.

1. Pull

Langkah pull pada SOP penggunaan APAR adalah pada bagian tuas, tuas apar ini diberi pin pengaman. Tujuan dari pin ini adalah untuk mencegah tuas apar ditekan secara tidak sengaja, baik oleh orang lain maupun oleh anak-anak. Tarik pin ini agar tuas apar dapat ditekan.

2. Aim

Langkah aim ini adalah langkah mengarahkan ujung selang atau corong apar ke sumber api. Tentunya kamu harus mengarahkannya tepat ke pangkal sumber api. Jangan mengarahkan corong apar ke atas atau lidah api, karena menyebabkan pemadaman api kurang efektif.

3. Squezee

Setelah itu mulailah menekan tuas apar, agar apar didalam tabung bertekanan dapat keluar menyembur dan memadamkan api. Pastikan posisi kamu berada pada sumber arah angin meniup. Posisi ini penting untuk keselamat kamu. Jika kamu memadamkan api dari posisi menghadap sumber arah angin, kamu akan diserang asap dan media pemadam.

4. Sweep

Langkah sweep adalah langkah menyapu media pemadam ke sumber api. Pada langkah sweep ini kamu harus tetap mengarahkan corong pemadam disepanjang pangkal sumber api. Pertahankan posisimu tetap berada disumber arah angin meniup.

Semoga artikel Jelaskan prosedur penggunaan apar sesuai dengan SOP ini memberi manfaat bagi anda. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar. Terimakasih.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!