Skip to main content

Ini Dia Cara Menghitung 1 Ampere Berapa Watt

Ini Dia Cara Menghitung 1 Ampere Berapa Watt
Ini Dia Cara Menghitung 1 Ampere Berapa Watt
Ini Dia Cara Menghitung 1 Ampere Berapa Watt - Ketika anda membahas materi listrik otomotif tiga jenis satuan ini, yakni volt, ampere dan watt akan anda bahas. 

Tegangan

Tegangan adalah perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik memiliki satuan volt dan diberi simbol V. Besaran tegangan mengukur energi potensial dari medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik.

Arus

Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Muatan listrik bisa mengalir melalui kabel atau penghantar listrik. Arus listrik dapat terjadi karena adanya aliran electron dimana tiap electron mempunyai muatan yang besarnya sama.

Daya

Daya listrik adalah besarnya energi listrik yang mengalir atau diserap dalam sebuah rangkaian atau sirkuit listrik setiap detik. Daya juga dapat didefinisikan sebagai laju aliran energi. Kira-kira dalam satu ampere arus listrik itu berapa watt? Mungkin anda masih penasaran. Saya akan coba menjelaskan dengan bahasa sesederhana mungkin agar bisa anda pahami dengan mudah. 

Pertama yang perlu diketahui, antara kuat arus dan daya listrik itu dua hal yang berbeda sehingga nilainya tidak bisa dikonversi seperti halnya gram dan kilogram. Tapi daya listrik yang mampu disuplai saat 1 ampere arus mengalir, tentu bisa kita cari.


Berikut Cara Menghitung 1 Ampere Berapa Watt.

Persamaan Nilai Antara Ampere dan Watt, anda cukup gunakan rumus berikut : P = V x I
Keterangan:
P adalah simbol dari daya listrik (watt)
V adalah simbol dari tegangan listrik (Volt)
I adalah simbol dari kuat arus listrik (ampere)

1. Pada listrik rumah
Listrik rumah memiliki tegangan 220 Volt, maka daya yang bisa disuplai setiap satu ampere adalah sebagai berikut ;

P = V x I = 220 x 1 = 220 watt.

Ketika anda diberikan meteran dengan ukuran 6 ampere artinya anda dapat menggunakan daya sebanyak 200 volt x 6 ampere = 1.200 watt.

Kesimpulan, setiap satu ampere listrik PLN mengalir maka mampu menyuplai kebutuhan listrik hingga 220 watt.

2. Pada aki/baterai kendaraan
Aki mobil atau motor memiliki tegangan lebih rendah yakni hanya 12 volt. Sehingga daya listrik yang mampu disuplai setiap satu ampere juga berbeda dengan contoh yang pertama ;

P = V x I = 12 x 1 = 12 watt

Jika anda memiliki baterai dengan kapasitas 6AH, daya atau watt yang ada baterai adalah 12 Volt x 6 Ah = 72 watt.

Kesimpulan adalah pada baterai mobil setiap satu ampere arus mengalir baterai maka hanya mampu menyuplai beban listrik 12 watt.

Lalu kesimpulannya akhirnya adalah, setelah memahami perhitungan 4 soal diatas antara kuat arus dan daya listrik itu dua hal yang berbeda dan tidak dapat dikonversi. Ketika ada pertanyaan 1 ampere berapa watt ? Pasti jawabannya bervariasi tergantung besar tegangan (V) listriknya.

Saya analogikan sebuah aliran air didalam selang menuju bak penampung, maka tegangan berperan sebagai diameter selang, air berperan sebagai kuat arus, dan bak penampung sebagai beban kelistrikan yang memerlukan daya.

Anda memiliki dua selang dengan diameter masing-masing 12 cm dengan 220 cm, lalu kita alirkan air dengan kecepatan yang sama (ampere). Mana yang lebih banyak mengalirkan air (dalam konteks listrik daya)? pasti yang selang dengan diameter 220 cm. Meskipun kecepatan aliran air sama namun karena perbedaan diameter selang hasilnya juga beda.

Itulah analoginya dengan kelistrikan, walaupun arus yang mengalir 1 ampere tapi perbedaan tegangan menghasilkan daya yang berbeda pula.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar