Skip to main content

Cara Memeriksa Komponen Sistem Kontrol Emisi Kendaraan

1. Pemeriksaan Oksigen Sensor

Oksigen sensor ada dua buah pada mobil Suzuki ertiga. Masing-masing dipasang pada catalityc conventer, persisnya sebelum dan sesudah catalityc converter. Pemeriksaan oksigen sensor menggunakan multimeter digital. Oksigen sensor memiliki ukuran tahanan yang ditetapkan sesuai buku pedoman reparasi.

Sebelum melakukan pengukuran, lepaskan konektor oksigens sensor. Pilih selektor multimeter digital ke pengukuran ohm, tempatkan kabel merah dan hitam multimeter digital ke kedua terminal pada oksigen sensor. Silahkan bandingkan hasil pengukuran yang diperoleh dengan ukuran yang ada pada buku pedoman reparasi. Jika tidak sesuai dengan ukuran standar, menandakan oksigen sensor harus diganti.
Tahanan H2OS Heater 6 ohm s.d 12 Ohm pada suhu 25 derajat.

2. Pemeriksaan Evap Canister Purge Valve

Sebelum melakukan pengukuran Evap Canister Purge Valve, terlebih dahulu lepaskan Evap Canister Purge Valve dari dudukannya, gunakan kunci ring 10 mm unuk melepaskan baut Evap Canister Purge Valve.

Pada Evap Canister Purge Valve pemerikasan yang dilakukan adalah mengukur tahanannya. Gunakan multi meter digital untuk mengukur tahanannya. Tempatkan selektor multi meter digital pada posisi ohm meter.
Ukur tahanan Evap Canister Purge Valve dengan menempatkan kedua kabel probe masing-masing ke terminal Evap Canister Purge Valve. Lalu bandingkan hasil pengukuran yang diperoleh dengan ukuran standar yang ada pada buku pedoman reparasi. Jika tidak sesuai dengan ukuran standar, menandakan Evap Canister Purge Valve harus diganti.
Tahanan Evap Canister Purge Valve: 30 ohm s.d 34 Ohm pada suhu 20 Derajat.

3. Pemeriksaan Charcoal Canister

Letak charcoal canister pada mobil suzuki ertiga mudah dijangkau, persisnya berada pada sebelah kanan mesin disamping baterai. Sebelum melakukan pemerikasaan Charcoal Canister, lepaskan Charcoal Canister dari dudukannya. Cukup menggunakan tangan saja untuk melepas Charcoal Canister ini karena tidak dibautkan.

Bersihkan terlebih dahulu Charcoal Canister menggunakan majun. Pertama lakukan pemeriksaan secara visual pada Charcoal Canister. Perhatikan ujung saluran, apakah terdapat keretakan, aus ataupun patah. Kedua pemeriksaan dengan udara bertekanan, pastikan udara yang ditiupkan pada Charcoal Canister mengalir lancar keluar.
Pemeriksaan ketiga adalah kevakuman Charcoal Canister menggunakan special service tool vacum. Langkah melakukan pengecekan keakuman ini adalah dengan menutup dua lubang lainnya pada Charcoal Canister. Special service tool vacum akan mengisap udara yang aada didalam Charcoal Canister. Jika Charcoal Canister masih baik, jarum penunjuk manometer Special service tool vacum tidak akan bergerak. Ini menandakan tidak ada kebocoran pada Charcoal Canister.
EVAP Canister mampu menahan kevacuuman : 19,6 KPa/ 0,2 Kgf/cm3.

4. Pemeriksaan PCV (Positive Crankcase Ventilation)

Pada mobil suzuki ertiga letak PCV (Positive Crankcase Ventilation) ini berdekatan dengan stik pemeriksa oli. Lepaskan selang PCV (Positive Crankcase Ventilation) terlebih dahulu, lalu komponen PCV (Positive Crankcase Ventilation) itu sendiri menggunakan kunci sock ukuran 19 mm.
Pemeriksaan pada PCV (Positive Crankcase Ventilation) sangat mudah, cukup meniupkan udara dari salah satu sisi salurannya. PCV (Positive Crankcase Ventilation) merupakan katup satu arah, hanya dapat melewatkan aliran udara dari satu sisi saja, dari sisi lainya tidak dapat melewatkan udara.

Demikian Cara Memeriksa Komponen Sistem Kontrol Emisi Kendaraan ini. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar