Skip to main content

REVIEW MENGGUNAKAN PROCLIPPER HK900 HAPPY KING BEBERAPA TAHUN

REVIEW MENGGUNAKAN PROCLIPPER HK900 HAPPY KING BEBERAPA TAHUN

Kali ini akan membagikan review menggunakan proclipper HK900 Happy King. Saya sudah dua tahun lebih menggunakan proclipper HK900 ini. Pada awalnya saya menggunakan Proclipper HK900 ini karena ingin tahu saja. Saya menemukan produk ini di banyak market place baik itu lazada, sophee, tokopedia bukalapak dan lain-lain, Proclipper HK900 ini dapat dengan mudah kita temukan dimarketplace-market place tersebut.. 

Harga dari proclipper HK900 ini pun tergolong murah dan sesuai dengan kantong saya. Cukup mengeluarkan uang Rp 45.000 sampai dengan Rp 65.000 saya sudah bisa memperoleh produk ini. Biasanya saya membeli produk ini dari marketplace. Alasanya karena harga dimarketplace lebih murah dibanding di toko. Dalam menghemat ongkir saya membeli 2-3 produk, karena dihitung 1 kg - 1.2 Kg.

Di awal menggunakan Proclipper HK900 ini, pisaunya sangat tajam, namanya juga barang baru beli. Mata pisaunya masih mengkiplap dan tajam. Sehingga saat pertama kali saya gunakan memotong rambut, hasil potongannya masih rapi dan cepat.

Produk ini memiliki beberapa aksesoris bawaan, saat membeli yang baru anda juga akan mendapatkan 3 kaki mata potong, sebuah kuas, sisir, gunting, oli, dan penyetel bautnya. Mata kaki potong ini berguna untuk menggantikan sisir. Jika kita sudah pasangkan pada mata potong cukur rambut ini, kita tidak perlu menggunakan sisir lagi dan langsung kita gunakan memotong rambut dengan mesin cukur ini saja.

Masalah yang terjadi menggunakan proclipper HK900

Saya sudah lama menggunakan proclipper HK900 ini, jadi banyak pengalaman selama menggunakannya. Masalah yang terjadi saat saya menggunakan proclipper ini adalah, pertama cepat panas. Jika kita menggukan proclipper ini untuk memotong rambut bayi, sangat efektif. Rambut bayi masih sangat lunak dan sedikit. Karena rambut masih lunak dan sedikit proclipper ini tidak perlu berlama-lama kita gunakan. Belum lagi mesin cukur ini panas, rambut sudah habis.

Lalu saya gunakan memotong rambut anak-anak usia 4 tahun - 7 tahun. Rambut anak usia 4 tahun - 7 tahun sudah tebal dan agak keras. Jika kita gunakan clipper ini unuk memotong rambut ini, proclipper sudah mulai membutuhkan waktu untuk menyelesaikan potongan rambut ini. Hampir setengah jam saya gunakan, sehingga mesin cukur ini sudah terasa panas digenggam. Akhirnya selesai juga potongan rambut itu, walau dengan kemampuan potong yang berkurang setiap waktunya.

Saya gunakan memotong rambut orang tua (orang lama, kata melayu), rambutnya tebal dan lebat. Memotong rambut yang tebal dan lebat, proclipper hanya bisa terkapar. Mesin panas, hampir tidak bisa kita genggam lagi, tangan terasa terbakar. Tetapi perjuangan potongan rambut belum tuntas, sehingga mau tidak mau menggunakan proclipper harus dipaksa hingga potongan rambut selesai.

Kedua, bunyi kasar. Bunyi kasar terjadi bila setelan lebar gerakan mata pisau tidak tepat, terlalu lebar. Bunyi kasar ini terjadi karena pukulan magnet/kumparan didalam mesin cukur rambut ini. Jarak yang terlalu renggan ini membuat pegas lemah, akibat peggas lemah penggerak mata pisau memukul kumparan mesin dengan kuat. Jadi deh! bunyi yang keras.

Mengatasi Masalah menggunakan proclipper HK900

Mengatasi masalah pertama, mesin panas adalah dengan mengolesi pisau potong dengan oli. Oli akan melumasi semua bagian mata potong pisau sehingga gerakan mata pisau akan lancar. Manfaat lain dari mengolesi mata pisau dengan oli adalah panas yang berkurang secara signifikan. Mesin akan bertahan tanpa mengalami kenaikan suhu mata pisau cukur rambut terjadi.

Awalnya saya menggunakan oli yang biasanya digunakan pada mesin jahit. Saat menggunakan oli mesin jahit ini, rambut tidak banyak yang melekat pada mata pisau cukur. Tetapi memang kemampuan oli ini untuk mendinginkan kurang efektif. Mesin cukur rambut masih mengalami kenaikan suhu yang signifikan dan boleh dikatakan cepat panas. Sebenarnya lebih baik menggunakan oli mesin jahit dari pada tidak sama sekali.

Saya meyarankan agar menggunakan oli gearbox motor matic. Cara penggunaanya sama saja dengan oli esin jahit, yaitu dilumurkan pada mata pisau secara merata dan tidak terlalu banyak. Selama saya menggunakan oli gearbox motor matic sebagai pelumas cukur rambut ini mata pisau cukur tidak cepat panas, artinya sampai satu jam saya gunakan kemampuan potongnya masih sama seperti menit pertama digunakan.

Suhu mata pisau yang panas menyebabkan mata pisau menjadi tumpul. Suhu menyebabkan terjadi perubahan struktur bahan pada mata pisau. Mata pisau yang awalnya tajam akan menjadi tumpul, sehingga tidak mampu memotong rambut. Atau bahkan rambut tidak akan terpotong dan hanya ditarik saja. 


Masalah yang kedua, bunyi kasar dapat kita atasi dengan memutar penyetel lebar gerakan mata pisau. Penyetelan ini bertujuan unuk mengembalikan jarak antara penggerak mata pisau dan kumparan mesin standard. Penyetel ini berbetuk seperti baut, hanya saja bahannya terbuat dari plastik. Putar baut penyetel ini ke kiri atau kekanan, tergantung perubahan bunyi. Jika di putar ke sebelah kiri bunyinya makin kasar, artinya jangan diteruskan. Lakukan pemutaran kearah sebaliknya sampai didapatkan bunyi yang baik.

PENUTUP REVIEW MENGGUNAKAN PROCLIPPER HK900

Sampai kini saya masih menggunakan cukur yang sama dan masih berfungsi dengan baik memotong rambut. Semua masalah masalah yang terjadi saya atasi dengan ilmu selamat aja. Alias coba-coba. Jika terjadi masalah saya melakukan trial and eror, syukurnya alatnya masih bertahan hingga saat ini.

Mungkin begitu yang saya dapat share kali ini REVIEW MENGGUNAKAN PROCLIPPER HK900 HAPPY KING BEBERAPA TAHUN. Ya, mudah-mudahan memberi informasi yang bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jika ada saran dan komentar, silahkna tinggalkan dikolom komentar. Bye!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar