Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

MENGUBAH SUMBER LAMPU KEPALA MENJADI BATERAI SUPRA X125

SKEMA AWAL LAMPU SUPRA X125


MENGUBAH SUMBER LAMPU KEPALA DARI BATERAI SUPRA X125

Sumber arus LAMPU Kepala / Head lamp supra X 125 secara stardar adalah bersumber dari alternator. Karena itu lampu kepala supra x 125 akan menyala jika mesin sudah hidup. Pada saat mesin hidup rotor berbentuk magnet permanen berputar mengelilingi lilitan / kumparan pengisian. Sehingga dihasilkan arus listrik.

Saya akan menjelaskan sedikit kenapa bisa ada arus listrik, padahal peralatan yang ada hanya rotor magnet permanen dan kumparan / lilitan kawat. Dalam hal ini prinsip pembangkitan listrik dengan cara induksi elektromagnetik. Jika penghatar digerakkan maju mundur diantara medan magnet dan memotong garis gaya magnet, maka pada penghantar tersebut akan timbul Gaya Gerak Listrik (GGL) atau tegangan induksi pada penghantar. 

Mudah-mudahan penjelasan singkat diatas memberi gambaran jelas tentang prinsip kerja sebuah alternator khususnya alternator supra x 125. Sekarang kita sudah mengetahui adanya arus listrik yang dihasilkan alternator, saat kita umtuk mengetahui warna kabel dari altenator supra x 125. 

CARA MENGUBAH SUMBER LAMPU KEPALA MENJADI BATERAI

Alternator supra X 125 memiliki tiga kabel, yaitu kabel warna biru, kabel warna hijau, dan kabel warna putih. Kabel warna biru merupakan kabel spul pengapian atau ignition pulse. Lalu kabel warna putih dan hijau adalah kabel pengisian. Kabel putih dan hijau ini menuju regulator atau kirpok, tujuannya adalah untuk mengubah arus alternator yang awalnya AC atau arus bolak balik menjadi arus DC (searah). 

Setelah arus dari alternator disearahkan, baru dapat digunakan untuk mengecas baterai dan menghidupkan lampu depan atau lampu kepala. Untuk mengecas baterai digunakan arus pada kabel warna merah, sedangkan untuk lampu kepala, digunakan arus pada kabel warna kuning. 
SKEMA AKHIR MENJADI TENAGA BATERAI


Sampai disini saya rasa sudah mulai terbongkar, cara mengubah sumber arus lampu kepala, yang awalnya bersumber dari pengisian atau alternator kita buat langsung dari baterai. Yaitu cukup memutuskan kabel warna kuning pada kiprok dan menyambungkannya ke kabel warna merah pada kiprok. Langsung deh! Begitu kunci kontak ON, lampu kepala juga langsung ON. Mudah-mudahan artikel MENGUBAH SUMBER LAMPU KEPALA DARI BATERAI SUPRA X125 dapat membantu anda.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!