Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Handtools Mengenal Fungsi Tang Kombinasi Lengkap



Mengenal Fungsi Handtools Tang Kombinasi Lengkap - Handtools Tang Kombinasi akan kita jumpai hampir disetiap rumah, mulai dari rumah yang berlantaikan tanah hingga rumah yang berlantaikan marmer. Sadar atau tidak Handtools Tang Kombinasi ini sudah menjadi barang yang wajib ada dirumah. Jika dirumah anda tidak ada tang, saya yakin dalam beberapa hari ke depan anda akan membutuhkan Handtools Tang Kombinasi ini, setidaknya meminjam dari tetangga sebelah. 

Pada rumah anda pasti akan membutuhkan perbaikan keran air, sepeda anak, jemuran pakaian, lemari besi dan lain-lain. Sebenarnya semua dari benda-benda yang rusak yang saya sebutkan diatas memerlukan alat khusus untuk membongkar atau memperbaikinya. Seperti melepas keran air yang sudah berkarat atau bahkan yang sudah patah membutuhkan kunci pas dengan ukuran 22 mm. 

Namun, saya yakin jarang ada orang yang melepas keran air dengan menggunakan kunci pas ukuran 22 mm. Jika ada yang bapak-bapak teknisi dadakan, (cieee.., sebutan untuk seorang suami yang serba bisa memperbaiki) menggunakan kunci pas 22 mm untuk melepas keran air, pasti suami idaman, atau paling tidak mantan teknisi atau mekanik. 

Handtools Tang Kombinasi ini yang menjadi primadona bagi bapak-bapak teknisi dadakan. Keran yang rusak ini akan dilepaskan dengan tang. Tang merupakan alat yang paling mudah digunakan hanya dengan satu tangan saja. Bentuknya juga sederhana, hanya terdiri dari dua bagian yang diikatkan menyilang. 

Terkadang tang adalah pilihan jurus atau alat terakhir yang digunakan untuk melepas benda. Dimana kunci ring atau kunci pas sulit ditemukan, alternatifnya adalah alat ini. Kepala baut yang doll, mur yang habis dimakan karat, paku yang menancap didinding, atau bahkan menncabut sumbu kompor dapat dikerjakan dengan bantuan tang ini. 

Selain alasan diatas sebagai jurus terakhir ada lagi yang paling tidak diduga adalah jika tang sudah tidak bisa beraksi (maksud saya menyelesaikan masalah diatas), bersiaplah untuk merogoh kocek. Tang sudah tidak mempan, badah sudah berpeluh dan asa sudah hilang, istri akan mendengar kata, “panggil orang aja untuk memperbaiki”. Jadi, jangan sampai kemampuan tang ini terlewatkan, besar efeknya terhadap keuangan anda. 

Tang dapat membantu pekerjaan kita, hampir banyak hal, saat anda ingin menusuk ember dengan kawat panas, tentu anda membutuhkan tang. Kulit tidak bisa menahan panas dari kawat yang barusan dibakar. Jika kita paksakan akan membuat tang kita terluka melepuh. Demikian juga untuk memegang benda-benda lain yang panas, tangan kosong pasti mustahil kita lakukan. 

Jemuran kawat yang putus perlu disambung dengan menggabungkan bagian satu dengan bagian lain, kemudian kedua bagian ini diikat dengan cara memutar kawat agar terlilit satu sama lainya. Untuk memutar kawat ini, tang sangat dibutuhkan. Dengan memasukkan ujung kedua kawat yang akan diplintir kedalam mulut tang, kemudian dijepit, lalu diputar atau diplintir. Sehingga kawat yang putus ini dapat tersambung kembali. 



Keterangan : 
1. Bagian yang rata 
2. Bagian yang bulat 
3. Bagian yang tajam 
4. Bagian pemutus 
5. Bagian perata 


Fungsi Tang Kombinasi Lengkap

a. Fungsi Bagian yang rata 

Bagian ini berada pada bagian ujung dari tang. Fungsi bagian ujung yang rata pada tang ini adalah untuk memegang benda, seperti kawat, mur, baut atau bahkan benda yang panas. Terkadang bagian ujung ini digunakan juga untuk meratakan plat-plat tipis atau kaleng. Dimana setelah diratakan akan meninggalkan bekas garis-garis, sesuai dengan bentuk dari ujung tang ini. Bagian ini sengaja dibuat tidak rata, agar lebih kuat dan stabil dalam menjepit benda kerja. Garis-garis ini dibuat menonjol, sehingga jika kita raba akan terasa kasar. 

b. Fungsi Bagian yang bulat 

Setelah bagian pertama tadi, kita lanjut bagian berikutnya tepat setelah bagian pertama tadi. Bagian yang bulat ini berfungsi untuk menjepit benda kerja yang berbentuk bulat. Benda kerja yang berbentuk bulat kurang efektif jika dijepit dengan ujung bagian yang rata. Terutama saat benda ini agak keras, pada saat kita putar, tang yang berputar, dalam artian slip. 

Bagian yang bulat ini diberi garis-garis yang menonjol, fungsi dari garis-garis yang menonjol ini adalah untuk memperkuat daya jepit tang. Saat tang kita gunakan menjepit, garis-garis yang menonjol ini akan membentuk titik-titik cengkram pada benda yang dijepit. Titik-titik cengkram ini yang membuat tang stabil dalam menjepit. 

c. Fungsi Bagian yang tajam 

Letak bagian yang tajam ini tepat setelah bagian yang bulat tadi. Kita dapat dengan mudah mengidentifikasi fungsi dari bagian ini hanya dengan melihat bentuk dari bagian ini. Bentuknya yang tajam tentu berfungsi untuk memotong benda, namun hasil potongannya tidak sebagus menggunakan tang khusus memotong. Hasil potongan benda yang kita potong dengan menggunakan bagian ini akan berbentuk oval, benda ini putus atau patah karena dipaksa. 

d. Fungsi Bagian pemutus 

Bagian pemutus ini terletak disisi luar dari tang. Bentuknya terdiri dari dua kotak yang dibuat posisinya berlawanan. Fungsi dari bagian ini adalah memutus kawat atau paku yang tipis. Sama halnya seperti hasil potongan bagian yang tajam sebelumnya juga tidak rata. Pada hasil potongan akan terlihat bagian yang membentuk seperti huruf Z. Bentuk ini terjadi karena benda yang dijepit putus pada dua kotak yang bersinggungan. 

e. Fungsi Bagian perata 

Orang jarang menggunakan bagian perata ini. Letaknya yang boleh dibilang tersembunyi dan tidak diduga membuatnya banyak orang tidak memperhatikan. Fungsi bagian perata ini adalah untuk meratakan potongan kaleng atau plat kecil. Potongan kaleng atau plat kecil dimasukkan diantara kedua bagian ini, lalu di press. Sehingga didapat palt yang rata. Hasil dari meratakan potongan plat kecil dibagian ini berbeda dengan meratakan plat dengan bagian ujung tang. Bekas garis-garis tidak akan anda temukan pada hasil tekanan. 

PENUTUP 

Saya yakin hampri semua orang pasti mengenal handtools tang kombinasi. Bahkan terkadang beberapa orang menggunakan alat ini untuk memukul paku. Jangan lakukan ini, tang akan lepas dan terbagi dua atau paling tidak akan terjadi masalah dalam mengoperasikan tang yang sulit digerakkan.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!