Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

APA YANG DIMAKSUD DENGAN PORT SCAVENGING

Cara Kerja Motor 2 Tak


Port Scavenging atau lubang pembilasan hanya terdapat pada motor bakar dua tak. Port scavenging ini dibutuhkan karena pada motor bakar dua tak tidak ada langkah khusus pembuangan hasil pembakaran. Langkah buang dan hisap pada motor dua tak nyaris bersamaan.

Apa yang dimaksud dengan port scavenging adalah lubang penyuplai udara bersih pada motor diesel dua tak. Udara bersih yang masuk dari port scavenging ini meniupkan semua gas hasil pembakaran menuju port exhaust. Pada motor bensi dua tak port scavenging ini berfungsi sebagai lubang penyuplai bahan bakar dan udara yang bersih.

Faktor penting dalam siklus operasi dua langkah adalah pembilasan atau scavenging, karena pembilasan sangat menentukan unjuk kerja pembakaran dalam siklus selanjutnya. Langkah pertama dari posisi TMB udara masuk melalui inlet / port scavenging dan setelah lubang exhaust serta inlet bertutup maka terjadi kompresi akibat udara yang dimampatkan. Langkah kedua setelah proses kerja terjadi piston bergerak dari TMA ke TMB sekaligus proses pembilasan atau scavenging terjadi.


Proses Scavenging adalah proses pembilasan/pembersihan cylinder dari gas buang dan menggantikannya dengan udara bersih pada mesin diesel atau campuran udara-bahan bakar pada mesin bensin. Secara ideal, masuknya udara pembilasan kedalam cylinder yang menekan keluar sisa gas buang harus tidak boleh bercampur dengan gas buang tersebut.

Demikianlah artikel tentang PORT SCAVENGING kali ini. Semoga pembaca blog pak galingging menemukan informasi yang dicari. Jika ada saran, silahkan tinggalkan dikolom komentar.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!