Skip to main content

SOP Penyetelan Katup Mesin DOHC Honda CBR 250R

Prosedur penyetelan katup mesin Double Over Head Camshaft (DOHC) Honda CBR 250

Pemeriksaan dan stel jarak renggang valve sementara mesin dalam keadaan dingin (dibawah 35 derajat). Setelah pemeriksaan jarak renggang valve, periksa putaran stasioner mesin. Pemeriksaan dan penyetelan jarak renggang valve dapat dilakukan dengan mesin terpasang pada rangka.

Langkah Penyetelan Katup Mesin DOHC Honda CBR 250R

1. Lepaskan cylinder head cover
2. Lepaskan tutup lubang pengapian dan tutup lubang cranksahaft
tutup lubang pengapian dan tutup lubang cranksahaft cbr250
tutup lubang pengapian dan tutup lubang cranksahaft

3. Putar crankshaft berlawanan arah jarum jam dan tepatkan tanda  "T" pada flywheel dengan tanda penunjuk pada left crankcase cover.
tepatkan tanda  "T" pada flywheel
tepatkan tanda  "T" pada flywheel

4. Pastikan bahwa garis-garis penunjuk luar ("IN" dan "EX" pada cam sprocket rata dengan permukaan atas cilinder head dan menghadap keluar seperti diperlihatkan.
5. Jika tanda-tanda "IN" dan "EX" menghadap kedalam, putar crankashaft satu putaran penuh (360 derajat) berlawanan arah jarum jam dan tepatkan kembali tanda "T" dengan tanda penunjuk.
tanda-tanda "IN" dan "EX" menghadap kedalam
tanda-tanda "IN" dan "EX" menghadap kedalam

6. Periksa dan stel jarak renggang katub dengan memasukkan feeler gauge antara rocker arm dan shim.

Jarak Renggang Valve :
IN  : 0,16 +0,03 mm
EX : 0,27 +0,03 mm

Penyetelan
7. Lepaskan camshaft
8. Angkat rocker arm
9. Keluarkan shim
10. Ukur tebal shim dan catat
11. Hitung tebal shim baru yang diperlukan dengan rumus :

A = (B-C) + D
A: Tebal shim baru
B: Jarak renggang katub yang dicatat
C: Jarak renggang katub sesuai spsifikasi
D: Tebal shim lama

12. Pasang shim baru yang dipilih pada valve spring retainer
13. Pasang rocker arm
14. Pasang camshaft
15. Putar camshaft dengan memutar crankshaft beberapa kali dalam arah putaran jarum jam
16. Periksa kembali jarak renggang katub. Pastikan sudah sesuai spesifikasi.
17. Pasang cilinder head cover
18. Oleskan oli pada semua O-ring baru dan passang pada masing-masing tutup lubang.
19. Oleskan oli mesin pada ulir tutup lubang pengapian dan tutup lubang crankshaaft.
20 Pasang dan kencangkan tutup lubang pengapian dan tutup lubang cranksahaft dengan torsi sesuai spesifikasi.
Pasang dan kencangkan tutup lubang pengapian dan tutup lubang cranksahaft
Pasang dan kencangkan tutup lubang pengapian dan tutup lubang cranksahaft
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar