Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengeraskan suara klakson dengan menambah relay

Pemilik kendaraan sering Menjumpai Klakson Bawaan Mobil Suaranya kurang Keras. Saat membeli Mobil Baru pembaca bahkan diberi satu Klakson dari Pabrik? Pembaca sudah membeli Klakson double (misalkan Hella/ Bosch) tapi tidak tahu cara menyambungnya Kabel ? Atau Pembaca Ingin Menambah Klakson Baru Tapi tidak tahu caranya / jalur Kabel. 

Klakson Orisinal Mobil pembaca sebenarnya Keras tapi berhubung kekurangan Daya maka jadi Lemah Suaranya? Pembaca ingin Otak-Atik Kabel? Mari Kami Kerjakan Sendiri Gampang Kok 

Alat & Bahan: 

1. Relay Hella Kaki Empat, Kalau mau merk lain misal Bosch yang Kaki 5 juga boleh, Kaki 4 dia mempunyai angka 30, 85, 86, serta 87 (diingat-ingat yaaaa)
2. Soket Perempuan (women) untuk tempat Relay tersebut.
3. Kabel Secukupnya. Kalau bisa yang Tebal ( memiliki Jumlah serabut tembaga yang banyak) makin tebal makin bagus.
4. Fiting Kabel buat horn/ klakson, beserta perlengkapannya.
5. Soket Berlubang untuk keperluan menempel di Kutup Accu serta Kabel Massa ( Ground)
mengeraskan-suara-klakson-dengan-menambah-relay
Mengeraskan suara klakson dengan menambah relay Picture by Yamatoikwan



Langkah kerja mengeraskan suara klakson dengan menambah relay 

1. contoh klakson yang akan kami tambah dengan relay. Kami ambil contoh misalnya saja klakson mobil pembaca cuman satu, serta dia memiliki kabel warna biru serta putih yang menancap pada horn. (Perhatian! ini hanya contoh saja), mungkin di mobil lain warna kabel akan berbeda, jadi jangan panik serta bingung. 

2. Pertama-tama Pelajari dulu kaki soket pada Relay, dikaki soket tersebut ada angka 30, 86, 85, serta 87. nah angka dari 85 serta 86 mewakili saklar penghubung, sesertag angka 30 serta 87 adalah arus yang akan dihubungkan ( waktu angka 86 serta 85 memperoleh arus listrik maka relay bekerja dengan cara menghubungkan jalur 30 dengan 87. 

3. Kami Cari Tempat dimobil, dimanakah kira kira Relay serta Klakson yang baru akan ditempatkan. Pekerjaan ini kami lakukan untuk mengukur panjang Kabel yang diperlukan, Setelah tempatnya siap, segera ukur jarak atau panjang tempat relay ke tempat positif Accu. Kemudian hubungkan Kabel ke Positif Accu ke no 30 Pada relay 

4. Lalu Hubungkan bekas kabel klakson yang lama ( kabel biru serta kabel warna putih ke relay no 85 serta 86.(terbalik balik tidak jadi soal) mau kabel biru yang no 85 kabel pada kaki relay 86, atau kabel putih yang no 86 lalu kabel biru yang no 85. 

5. Kemudian persiapkan dua buah kabel yang buat jadi satu (atau dicabang) lalu hubungkan ke titik 87 pada Relay Kabel yang menghubungkan ke Relay no 87 untuk selanjutnya kami hubungkan kesalah satu terminal dari Horn. Bila pembaca memakai Relay jenis Bosch yang berkaki 5 disitu terdapat 2 Kaki bernomor 87. tentunya akan lebih mudah tidak perlu menyabangkan kabel. lihat gambar 

6. Langkah penutup adalah menarik kabel Ground/ Massa dari baut yang memperoleh body ke terminal klakson yang lain. 

Jalur Klakson yang baru siap serta ready. Sekarang lakukan pengujian, pembaca dapat tekan tombol saklar Klakson pembaca, Rasakan Beda Kerasnya. 

Catatan. 
-Untuk Kabel yang dari Jalur NoRelay 30 serta 87 harus Kabel yang Bagus. 

-Bila Mobil pembaca ternyata sudah double Klakson. serta lalu ingin Menambah dengan 2 Klakson Lagi. Berarti caranya tinggal seperti diatas cuman pembaca membutuhkan 2 buah relay. 1 relay mengaktifkan 2 klakson, dengan cara sama. 

Selamat Mencoba 

Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!