Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Lampu MIL Honda Revo 110 PGM-FI berkedip nyala terus

Cara mereset honda beat fi

Lampu MIL Honda Revo 110

Terkadang pengguna motor beat mendapati lampu mil honda beat kedip 8 kali. Kode kedipan ini adalah kerusakan yang terjadi pada sensor. Jika sensor pada sistem injeksi rusak lampu mil akan berkedip. Selain pola diatas lampu mil honda beat nyala terus tanpa kedip juga kerap terjadi pada sepeda motor beat. Jangan khawatir masalah lampu mil honda berkedip ini dapat kita atasi dengan mudah.

Cara mereset lampu mil honda beat kedip 8 kali atau revo maupun lampu mil honda lainya nyaris sama. Biasanya untuk mereset lampu mil honda ini cukup mudah, anda hanya perlu mencabut terminal baterai beberapa saat lamanya dan kunci kontak ON. Setelah ini, OFF kan kembali kunci kontak, lalu pasang kembali kabel baterai negatif yang dilepas tadi.

Namun perlu diingat, prosedur cara mereset honda beat fi ini dilakukan setelah anda pastikan sensor yang rusak sudah diganti dengan yang baru. Jika sensor belum diganti prosedur cara mereset honda beat fi ini tidak berlaku atau bahkan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Ingat  prosedur cara mereset honda beat fi atau honda lainya dilakukan, pastikan semua sistem dalam keadaan normal.

Pola kedipan MIL (MalFunction Indicator Lamp) mempunyai dua pola kedipan, kedipan panjang dan kedipan pendek. Kedipan panjang berlangsung selama 1.3 detik, kedipan pendek berlangsung selama 0,3 detik. Satu kedipan panjang equivalen dari sepuluh kedipan pendek. Sebagai contoh, jika dua kedipan panjang diikuti dengan lima kedipan pendek, MIL adalah 25 ( 2 kedipan panjang = 20 kedipan, ditambah lima kedipan pendek).

1. Kode 7 (tujuh kedipan pendek)

Kode ini mengindikasi adanya rangkaian yang tidak berfungsi pada sensor EOT. Ada dua kemungkinan yang terjadi, pertama tegangan tinggi pada rangkaian sensor EOT (lebih dari 4,922V). Kedua tegangan rendah pada rangkaian sensor EOT (kurang dari 0,078V). 

2. Kode 8 (delapan kedipan pendek)

Jika lampu MIL menunjukan kode ini, kemungkinan besar ada masalah pada rangkaian sensor TP. Masalah yang terjadi dapat saja kontak yang longgar atau tidak baikpada konektor sensor TP, atau sensor TP memang rusak. 

3. Kode 12 (satu kedipan panjang ditambah dua kedipan pendek)

Hal ini muncul karena kerusakan pada injektor bahan bakar tidak berfungsi. Sebelum ditetapkan rusak, ada baiknya periksa terlebih dahulu soket / konektor injektor bahan bakar. Pastikan soket konektor ini terpasang baik. 

4. Kode 21 (dua kedipan panjang ditambah satu kedipan pendek)

Kerusakan fungsi pada sensor O2, kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor sensor O2 atau rangkaian sensor O2 tidak berfungsi, atau sensor O2 rusak. 

5. Kode 33 (tiga kedipan panjang ditambah tiga kedipan pendek)

Jika mendapatkan kode ini pada lampu MIL honda revo 110 PGM FI dapat dipastikan kerusakan terjadi pada EEPROM ECM yang tidak berfungsi.

Jika anda memerlukan pebaikan yang membutuhkan mekanik ahli, kami sarankan anda untuk membawa kendaraan anda ke bengkel resmi. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan terkait Lampu MIL Honda Revo berkedip nyala terus. Silahkan tinggalkan saran dan komentar anda, mohon berkomentar dengan baik dan sopan.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!