Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara stel velg jari jari motor

Cara stel velg jari jari motor

Stel velg jari jari motor

Pernahkah anda beli ruji atau jari-jari krom motor dan terpaksa harus ke tukang stel velg untuk masang? sekarang tidak perlu lagi karena ternyata pasang ruji atau jari-jari sendiri tidak terlalu sulit dan bisa dipelajari. Memang kelihatannya rumit, ruji ruji atau jari-jari itu dipasang dengan urutan yang selalu sama dan anda harus memasangnya sesuai dengan urutannya, pasti berhasil. 

Bagi anda pemula belajar yang ingin belajar pasang ruji atau jari-jari silahkan baca artikel ini. Jika anda pergi ke tukang stel velg paling-paling bayar 30.000 per roda untuk jasa pasang. 

Agar langkah ini jadi mudah diikuti, kita sepakati dulu istilah dan penamaan bagian tromol dan velg. Mana atas atau mana bagian bawah terserah, asal konsisten. 

Untuk belajar pemula lebih mudah mencoba dengan tromol belakang karena jarak antar sisi lubang ruji atau jari-jari lebih jauh atau berjarak sehingga lebih mudah memasukkan ruji ke lubangnya. Perhatikan gambar, ketika membeli ruji, ada 2 set, jika ruji 72 ya ada 36 ruji head panjang, dan 36 ruji head pendek. 

Mula-mula kali pisahkan dulu 2 set ini antara ruji head panjang dan head pendek supaya lebih mudah untuk memasangnya nanti. 

sekedar informasi motor yang menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol, ruji depan pasti lebih panjang, ini sederhana tapi kalau sampai salah membeli terpaksa beli lagi, karena untuk menambah men-drat atau mengulir lagi repot sekali. 

Pengalaman pertama sekali saya mencoba pasang ruji atau jari-jari, saya tidak tau teorinya, saya asal pasang, akhirnya banyak ruji yang terbalik penggunaan nya, dari kejadian ini saya belajar bahwa ada 2 set ruji yaitu head panjang dan pendek. 


Cara stel velg jari jari motor

Cara memasang dan menyetel jari-jari ruji motor: 

1. Sediakan semua bagian atau komponen dan peralatan. Untuk memasang kita membutuhkan kunci ruji. Tapi jika tidak berniat men setel sekalian, cukup dengan tangan saja, kalaupun perlu mungkin hanya ganjal untuk menopang velg (posisi velg ada di tengah tromol, harus ditopang supaya nantinya center. Pada tutorial ini saya memasang jari-jari tromol Honda GL Pro dan ruji krom 36. 

Sedikit tips, jika anda ingin punya ruji krom, pertimbangkan ini: harga untuk meng-krom ruji (ukuran apapun) sekitar 1.200 per buah, 72 ruji berarti 72x1.200 = 86.400, jika anda beli langsung ruji krom variasi harganya sekitar Rp25.000/set, Jika di totalkan depan dan belakang 25.000 x 2 = 50.000 dengan hasil krom yang relatif sama bagusnya. Selain itu kromer akan bilang jika ruji asli anda sudah agak karatan maka hasilnya tidak akan bisa terlalu bagus (agak ngeles), jadi silahkan pilih. 

Jika ingin bagian dalam velg lebih awet, Silahkan menggunakan primer surfacer setelah diamplas pada bagian dalam. Ini akan membantu anda mencegah karat karena walaupun sepertinya rapat, bagian2 ini rawan terkena sisipan air dari lubang2 ruji. Jika tidak punya primer gunakan saja cat besi, sekitar Rp8.000 di toko besi. 

2. Berikutnya yang perlu anda lakukan adalah memasukkan ruji ke dalam tromol. Ingat: JANGAN SAMPAI TERBALIK, berikut petunjuk cara memasangnya: 
a. Pasang ruji dengan head pendek dari luar (supaya nantinya posisi ruji ada di dalam). 
b. Pasang ruji dengan head panjang dari dalam (supaya rujinya ada di luar). 
c. Lakukan selang seling: luar-dalam-luar dst. Ruji head pendek dari luar & ruji head panjang dari dalam 

Okay, bagaimana anda tau bahwa masangnya tadi sudah benar apa belum? 
Berikut yang terjadi jika anda keliru memasukkan jari-jari (tertukar antara jari head panjang dan jari head pendek). 
a.Paling kentara jika terjadi keliru memasukkan ruji head pendek dari dalam, karena headnya kurang panjang maka ruji tidak bisa terposisi dengan baik. 
b.Terlihat ruji head pendek yang keliru terpasang teracung ke atas (yang benar agak ke bawah). Jika keliru ruji head panjang terpasang dari luar, maka saat dikencangkan ruji tersebut tidak akan rapat karena koplok atau longgar. 

3. Sesudah itu pasang semua ruji dengan urutan yang benar. Sekarang untuk memudahkan pemasangan nanti, usahakan posisi jari-jaru atau ruji posisinya seperti layaknya ruji yang akan terpasang, baik arah jari-jari atau ruji maupun letak atas bawahnya. Pastikan cara mengaturnya sperti ini: 
a. Jari-jari atas luar ke kanan. 
b. Jari-jari Atas dalam ke kiri. 
c. Jari-jari Bawah dalam ke kanan. 
e. Jari-jari Bawah luar ke kiri. 

Setiap kali berganti sisi pastikan arahnya berlawanan dengan bagian lainya. Ruji paling atas dapat anda susun arah ke kiri, lalu urutan semua susunan sisi lainnya ikut dibalik, tergantung posisi tromol akan dipasang terbalik atau tidak (biasanya jika ingin membalik posisi cakram depan kiri jadi di kanan, tromol belakang jarang sekali dibalik). 

Jika anda kurang yakin, silahkan perhatikan motor lain yang ada velg jari-jari atau spoke, coba pelajari posisi pengaturan jari-jarinya, sedikit ketelitian dan kesabaran kamu akan dapat menguasainya dengan mudah.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!