Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara membuat flasher dengan relay 4 kaki berbagai merek

Membuat flasher dengan relay

Mengendarai motor tanpa flasher lampu sein memang terasa kurang mantap, bahasa tubuh selalu bergoyang dan bermain tangan kanan dan kiri selalu memberikan isyarat jika ingin belok ke kanan ke kiri atau ke atas. Flasher sein komponen original Mio Yamaha memang sudah berumur lebih 10 tahun baru lalu rusak dan memang sudah wajar diganti.

Akhinya saya menyerah dan beli flasher lampu sein motor yang tidak ori seharga Rp.45.000,- yang penting lampu sein dapat aktif kembali, namun apa hendak dikata umur pakai flasher non original kurang panjang, hanya kurang empat bulan flasher rusak kembali apa yang salah? Ada apa dengan flasher non original, ternyata setelah diteliti dan di investigasi yang mendalam hasilnya sebagai berikut ; beban lampu sein motor terlampau berat ukuran watt lampu terlampau tinggi, tidak sesuai dengan yang direkomendasikan oleh produk tersebut.

Cara kerja Flasher lampu sein original sangat sederhana menggunakan cara kerja relay jadi sangat wajar jika model flasher model relay mampu bertahan lama. karena bisa mengangkat beban sampai 40 amper. untuk relay tipe yang digunakan biasa bisa pakai lima kaki maupun empat kaki seperti gambar dibawah ini. yang penting relay yang masih bagus

Rangkaian lampu shein  dibawah ini mengunakan relay tipe 4 kaki. Cara kerja rangkain diatas sebagai berikut : ketika switch lampu sein dihubungkan ke kaki kode 85 dan 86 maka aliran listrik mulai mengisi capasitor  terhubung, R1 memberikan seberapa cepat pengisian muatan listrik ke kapasitor, ketika kapasitor penuh maka mampu mengerakan switch antara switch kaki terminal 87 dan 30 maka lampu sein menyala.fungsi diode untuk pengaman dan memberikan arus positip dan negatip.


Langkah-langkah pasti Membuat Flasher 

Komponen yang digunakan :
  1. relay 4 kaki atau lima kaki
  2. resistor 56 s/d 82 ohm
  3. diode 1 amper
  4. capacitor2200 uf volt 16 s/d 35 volt bisa pakai
Jika ingin mengubah (mempercepat atau memperlambat) waktu kedipan lampu, kita dapat mengubah nilai resistor dimainkan antara 56  s/d 82 ohm, semakin kecil nilai resistor maka detak jantung lampu semakin cepat, karena capacitor cepat penuh. selamat mencoba dan berkreasi tanpa batas.




Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!