Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Penyebab Tidak Bersirkulasinya Zat Refrigeran pada Sistem AC adalah

Penyebab tidak bersirkulasinya zat refrigeran pada sistem ac adalah
Penyebab Tidak Bersirkulasinya Zat Refrigeran pada Sistem AC adalah
Halo Reader Pakgalingging yang gemar menambah wawasan. Semoga saat membaca tulisan in anda dalam keadaan sehat dan berlimpah rezeki. Karena hal yang paling utama adalah tubuh yang sehat menghasilkan pikiran yang tenang.

Kali ini saya akan membahas sebuah pertanyaan yang unik mengenai Air Conditioner kendaraan. Didalam pertanyaan ini dikatakan penyebab tidak bersirkulasinya zat refrigeran pada sistem ac adalah apa? Bagaimana menurut reader Pakgalingging, cukup unikah pertanyaan ini.
Kita langsung mulai aja, iya. Kendaraan atau mobil sekarang ini semua sudah dilengkapi sistem pendingin udara. Kebutuhan akan udara yang sejuk selama berkendara akan anda anda peroleh. Dengan begitu, konsentrasi dan kenyamanan ketika berkendara dapat tercapai.

Penyebab tidak bersirkulasinya zat refrigeran pada sistem ac adalah

Namun apa jadinya jika AC mobil anda ini tidak dingin. Tentu saja perasaan gerah dan berkeringat akan selalu menghampiri. Bisa saja AC mobil yang panas ini penyebabnya tidak bersirkulasinya zat refrigeran atau freon pada sistem AC. Masalah ini akan membuat sistem berhenti menghasilkan udara sejuk.

So, apa penyebab tidak bersirkulasinya zat freon (refrigeran) pada sistem AC mobil adalah sebagai berikut ini. Silahkan disimak dengan seksama dan penuh konsentrasi iya. Agar tidak terjadi kekeliruan yang mendalam diantara kita.

1. Ekspansion Valve Rusak

Komponen AC yang pertama kita curigai adalah katup ekspansi (expansion valve). Katub ini merupakan saluran yang berfungsi membuat zat refrigeran lewat menuju evaporator. Zat refrigeran bertekanan sedang dengan suhu rendah harus melewati lubang kecil yang didesain untuk mengubah zat refrigeran menjadi kabut.

Nantinya, freon (zat refrigeran) yang berupa kabut ini mengenai kisi-kisi evaporator. Dengan begitu kisi-kisi ini menjadi dingin dan menghasilkan lingkungan yang dingin. Ketika blower meniupkan udara ke evaporator, udara ini akan ikut dingin dan sampai ke tubuh anda. Begitulah cara kerja bagian ini saat berfungsi normal.

Jika katup ekspansi ini rusak akan menyebabkan tidak bersirkulasinya zat refrigeran pada sistem AC seperti penjelasan sebelumnya. Katub ekspansi yang rusak akan menyumbat aliran freon bersirkulasi. Selain itu, kerja dari kopressor akan sangat berat. Karena komponen ini menekan zat refrigeran yang sumbat untuk mengalir.

2. Kompressor rusak

Kompressor pada sistem AC mobil memiliki peran yang penting dan vital. Komponen AC ini yang mendorong zat pendingin untuk bersirkulasi pada sistem. Kompressor akan mengisap zat refrigeran dari evaporator dan didorong menuju kondensor. Freon yang keluar dari kompressor akan memiliki kondisi suhu yang panas dan tekanan yang relatif tinggi.

Salah satu penyebab tidak bersirkulasinya zat refrigeran pada sistem ac adalah kompressor rusak. Jika hal ini terjadi, tidak ada komponen yang mengisap dan mendorong zat refrigeran lagi. Tentu saja kita akan mengetahui apa yang terjadi, udara dingin tidak dihasilkan oleh AC mobil.

3. Freon Kosong

Freon kosong adalah penyebab tidak bersirkulasinya zat refrigeran pada sistem ac. Kompressor yang bekerja tidak memiliki media untuk disirkulasikan. Apa yang akan disirkulasikan jika tidak ada bendanya? Tidak ada tentunya.

Uraian beberapa penyebab tidak bersirkulasinya zat refrigeran pada sistem ac adalah katup ekspansi, kompressor rusak, dan freon kosong sudah lengkap kami tuliskan. Langkah yang harus anda ambil selanjutnya adalah memeriksa kebenaran dari praduga tak bersalah ini.

Anda harus melakukan pemeriksaan pada bagian-bagian yang kita curigai ini untuk memastikan apa sebenarnya yang terjadi. Dalam hal ini, keterampilan khusus memperbaiki AC mobil sangat diperlukan. Jangan melakukan tindakan  yang berbahaya jika kurang memahami AC mobil.

Kesimpulan
Penyebab Tidak Bersirkulasinya Zat Refrigeran pada Sistem AC adalah
  • 1. Ekspansion Valve Rusak
  • 2. Kompressor rusak
  • 3. Freon Kosong