Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SOLUSI PENGAPIAN ADA TAPI MOTOR SUSAH HIDUP

Siapa yang tidak kesal dengan motor mogok pengapian ada tapi motor susah hidup. Kejadian ini akan menghambat aktivitas anda untuk segera berangkat. Meski upaya untuk menghidupkan motor masih tetap anda buat, hasil motor masih susah hidup. Busi ada api ketika dicek dan kunci kontak posisi ON.

Saya pernah mengalami masalah pengapian ada tapi motor susah hidup sampai setengah hari lamanya. Bisa anda bayangkan waktu setengah hari mengengkol (kick starter) motor. Otot kaki keram dan berkeringat, bahkan sendal swallow saya bolong dan akhirnya putus hanya karena motor susah hidup ini.

Apa yang menyebabkan motor susah hidup tetapi pengapian ada? Boleh dikatakan materi ini dapat dibahas dari berbagi sudut. Dan inilah enaknya belajar di jurusan otomotif terlebih dikelas XII, membuat tabel kemungkinan kerusakan dengan masalah “Pengapian ada tapi motor susah hidup”. Keterampilan brain storming dan mind mapping untuk melakukan diagnosisi masalah ini.

PENGAPIAN ADA TAPI MOTOR SUSAH HIDUP

Mari kita bahas masalah yang dialami sepeda motor yang satu ini. Beberapa komponen berikut akan perlu untuk kita periksa kondisinya, masih berfungsi atau sudah rusak. Setiap komponen pada sepeda motor memerlukan peralatan khusus dalam memeriksa kerusakannya. Setidaknya multimeter dan test lamp harus anda miliki untuk pemeriksaan lebih lanjut.

1. Bahan Bakar Kosong

Saya menyarankan untuk memeriksa terlebih dahulu bahan bakar pada tangki. Jika bahan bakar tidak ada, tentu saja motor susah hidup atau bahkan tidak akan mau hidup. Fungsi bahan bakar pada motor sangat vital dalam pembakaran didalam silinder khususnya. Komponen ini yang bertugas sebagai media untuk dibakar agar piston dapat terdorong memutar poros engkol.
SOLUSI PENGAPIAN ADA TAPI MOTOR SUSAH HIDUP
Jika kita hubungkan dengan masalah pengapian ada tapi motor susah hidup, bahan bakar adalah bagian nomor atas. Dari ketika penyebab terjadinya pembakaran inilah salah satu dari tiga bagian itu, bahan bakar, oksigen dan api. Kalau pada bagian ini, tidak perlu alat multimeter dan test lamp yang saya sebutkan diatas. Anda cukup menggunakan indra visual atau penglihatan untuk memastikan ada tidaknya.

2. Karburator Kotor

Karburator bertugas mengabutkan bahan bakar masuk kedalam silinder sepeda motor. Banyak saluran dan port didalam karburator untuk mengatur kualitas pengabutan bahan bakar. Tujuannya utamanya adalah agar diperoleh campuran bahan bakar dan udara yang homogen untuk dibakar. Dapat anda bayangkan jika saluran dan port didalam karburator ini kotor atau bahkan tersumbat.
Karburator yang kotor membuat bahan bakar tidak terkirim kedalam ruang silinder. Pada bagian ini tidak dilengkapi pompa untuk memaksa fuel masuk kedalam silinder. Hanya mengandalkan daya hisap piston untuk karburator mengabutkan bahan bakar. Solusi untuk bagian ini, silahkan bongkar dan bersihkan karburator. Berhati-hatilah dalam pekerjaan ini, pastikan baut dan mur halusnya tidak tercecer.

3. Karburator mengandung air

Jika pengapian ada namun motor tetap susah hidup, coba cek kandungan air pada karburator. Kandungan air ini akan membuat fungsi karburato tidak normal. Ketika kita mengengkol motor dengan tidak memutar gas, motor akan hidup. Namun, saat digas untuk menaikan rpm, motor malah mati. Uap air ini berapa pada bagian bawah karburator. Cukup melonggarkan atau melepaskan baut buang pada karbu, biarkan bahan bakar dan air dari ruang pelampung keluar hingga habis.

4. Tekanan Kompressi Hilang

Tentu saja motor akan sulit hidup jika tekanan kompressi hilang meskipun pengapian ada. Kondisi ini membuat busi dengan percikan bunga apinya tidak mendapat media bakar. Campuran udara dan bahan bakar hilang dan keluar dari ruang bakar. Kondisi inilah yang disebut sebagai tekanan kompressi hilang.
SOLUSI PENGAPIAN ADA TAPI MOTOR SUSAH HIDUP
Untuk mengetahui dan memastikan ada tekanan kompressi, silahkan ukur dengan menggunakan alat test compression tester. Biasanya alat ini menggunakan lubang busi sebagai port sambungannya. Setelah anda test dan terlihat jarum tidak menunjukkan adanya tekanan (jarum tidak naik), sah, tekanan kompressi hilang.

Mungkin bagi anda yang tidak memiliki alat yang saya sebutkan diatas, jangan panik. Gunakan saja jari anda untuk menutup lubang busi yang sudah dilepas terlebih dahulu. Silahkan engkol mesin, dan rasakan dorongan udara dari ruang bakar mendorong jari anda. Jika tekanan kompressi ada, anda akan merasakan jari terdorong kuat, bahkan tidak kuat menutup lubang busi tersebut.

5. Kualitas Bunga Api Busi

Bunga api busi merupakan salah satu penentu kualitas pembakaran. Bunga api yang kecil bisa saja padam dan tidak cukup kuat melawan tekanan kompressi. Ibarat lilin yang tertiup udara lalu padam, demikian maksud saya mengenai hal ini. Biasanya, jenis bunga api busi yang bermasalah adalah berwarna merah, kecil, dan bahkan sangat kecil. Jika busi anda memiliki ciri-ciri ini, ganti saja busi segera.

6. Celah Busi

SOLUSI PENGAPIAN ADA TAPI MOTOR SUSAH HIDUP
Celah busi menentukan besar dan kuat bunga api yang dihasilkannya. Celah yang terlalu renggang membuat api busi menyebar dan menjadi tipis. Serta sebaliknya, celah busi rapat membuat busi tidak bisa memercikkan bunga api. Pastikan celah busi sesuai spesifikasi sepeda motor anda. Biasanya, hampir seluruh busi memiliki celah standar antara 0.7 mm sampai 0,8 mm.

7. Saringan Udara sumbat

Untuk masalah motor susah hidup tapi pengapian ada, posisi saringan sangat jauh. Kenapa saya katakan jauh, karena udara bisa melewati celah yang superhalus (SH), bahkan Mega Halus (MH). Tetapi kami tetap sampaikan dan uraikan dengan alasan, bahwa saringan adalag bagian dari sistem aliran udara yang ikut curigai. Coba lepaskan dulu saringan agar ia tidak menjadi suspek, biar udara masuk plong.

8. Sistem Manajemen mesin bermasalah

Sistem manajemen mesin (EMS) merupakan sebuah sistem yang amat kompleks dan luas untuk diuraikan. Jika sepeda motor anda sudah menerapkan teknologi injeksi bahan bakar, bagian ini wajib ikut anda curigai. Biasanya, lampu MIL akan berkedip memberi laporan kepada anda, seandainya ini yang menyebabkan pengapian ada tapi motor susah hidup.

Uraian mendiagnosis kerusakan motor dengan masalah pengapian ada namun motor suah hidup diatas hanya spekulasi. Seperti saya sampaikan diatas, pemeriksaan lebih lanjut terhadap bagian-bagian ini wajib dilaksanakan. Sebenarnya, jika ingin lebih kreatif lagi, pembahas poin-poin diatas dapat kita buatkan tabel. Dimana kesemua sumber masalah yang diuraikan diatas dapat digolongkan kedalam empat kelompok sub materi, yaitu sistem bahan bakar, sistem pengapian, sistem aliran udara, dan engine mekanikal.

Buatlah kreatifitas kalian yang terbaik untuk mengatasi masalah ini. Ada banyak kegiatan dan pengetahuan yang kalian peroleh dalam pembelajaran yang bervariasi dan kreatif. Kalian dapat mengakses materi otomotif lainnya dengan mengunjungi autominilab, disana sangat lengkap.

Itu saja yang dapat saya bagikan saat ini kepada pembaca Pak Galingging. Semoga saja, anda mendapat pengetahuan baru dari uraian saya ini. Oh, iya! Jangan lupa subscribe blog saya ini, agar anda selalu yang pertama mendapat notifikasi dari kami.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!