Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Skill Keterampilan Seorang Mekanik Biker

Skill Keterampilan Seorang Mekanik
Skill Keterampilan Seorang Mekanik Biker

Skill keterampilan seorang mekanik ini merupakan studi pustaka, penulis mencari informasi dari berbagai sumber, kemudian melakukan sintesa atau kesimpulan skill seorang mekanik itu apa saja. Untuk selengkapnya mari kita bahas secara detail.

Skill Keterampilan Seorang Mekanik Biker

Sebelum kita membahas skill atau keterampilan seorang mekanik, kita awali dengan membahas pengertian mekanik oleh beberapa sumber. Menurut kamus bahasa indonesia, "mekanik adalah seorang ahli mesin". Berdasarkan pengertian ini, jika seseorang ahli mesin, mampu membongkar, memeriksa kerusakan, memperbaiki, dan memasang kembali, sudah dapat kita katakan seorang mekanik.

Namun ada kekurangan dari mengartikan istilah mekanik disini. Yakni pada bidang cakupannya hanya pada mesin, sementara seperti kita ketahui, sekarang tidak cukup sampai mesin saja. Kemajuan teknologi sekarang sangat pesat, baik dibidang elektronika, kelistrikan, dan komputerisasi. Sebaiknya seorang mekanik yang ingin selalu karir bersinar mengusai kemajuan teknologi ini.

Pengertian mekanik menurut dephub.go.id
Pengertian mekanik lainya disampaikan oleh dephub.go.id pada glosarium, "mekanik adalah Seseorang yang mempunyai keahlian dalam bidang otomotif dan penggunaan BBG pada kendaraan bermotor yang dinyatakan dengan sertifikasi", (KM. No.64/1993). Pada keputusan menteri Perhubungan ini, skill seorang mekanik lebih luas lagi, mampu menangani kendaraan bermotor menggunakan bahan bakar gas.

Okey, saya rasa pembaca sudah mendapatkan point pentingnya mengenai pengertian seorang mekanik. Kini saya akan lanjutkan ke informasi selanjutnya yaitu, skill atau keterampilan seorang mekanik menurut beberapa sumber informasi.

1. Kemampuan Dasar Mekanik menurut Kursus Otomotif
Kemampuan dasar mekanik ini disampaikan salah satu balai latihan mekanik, Kursus Otomotif. Menurut kursus otomotif ada 13 (tiga belas) keterampilan dasar seorang mekanik, antara lain. Mampu melakukan dengan baik :
  • Melepas dan memasang spakboard, body sepeda motor
  • Mengganti busi sendiri
  • Mengganti oli sendiri
  • Melakukan service saringan udara sendiri
  • Menyetel rantai dengan benar
  • Menyetel putaran langsam motor dengan benar
  • Memperbaiki/mengganti lampu motor yang rusak
  • Mengganti air radiator dengan benar
  • Melakukan service baterai sendiri
  • Membongkar dan memasang kanlpot sendiri
  • Mengganti kanvas rem sendiri
  • Memeriksa dan mengganti sekring sendiri
  • Menganalisa sumber bunyi-bunyi asing pada motor
Berdasarkan informasi diatas dapat kita pastikan bahwa sistem kelistrikan hanya diulas sangat sedikit, yaitu hanya pada lampu saja. Ini memang benar-benar skill seorang mekanik dasar. Hal ini senada dengan pendapat seorang instruktur di Balai Besar Latihan Medan mengatakan, "mekanik junior itu yang penting bisa melakukan service rem, melepas ban, dan menggunakan peralatan tangan".

2. Kemampuan Dasar Mekanik menurut Stroynov
Pendapat berikutnya adalah menurut stroynov, skill dasar seorang mekanik yang wajib dimiliki ada 5 (lima buah), antara lain. Mampu melakukan dengan baik :
  • Memasang mur dan baut
  • Menggunakan kunci sesuai spesifikasi
  • Memasang bearing
  • Mengisi oli sesuai spesifikasi
  • Memeriksa tegangan baterai
Jika anda memiliki kelima (5) keterampilan diatas, itu berarti anda sudah memiliki skill dasar seorang mekanik motor. Ternyata menjadi seorang mekanik tidak terlalu sulit, menguasai keterampilan dasar dan kemudian selalu berlatih akan membuat karir mekanik anda selalu bersinar.

Kesimpulan
Pada bagian akhir ini penulis akan menyimpulkan apa saja skill seorang mekanik berdasarkan semua informasi diatas. Skill seorang mekanik yang harus dikuasai adalah, mampu melakukan pekerjaan dengan baik :
  1. Menggunakan Alat ukur Vernier Calipper
  2. Menggunakan Multi Tester
  3. Menggunakan Handtools sesuai spesifikasi
  4. Melakukan perawatan berkala
  5. Melakukan perawatan rem
  6. Merawat baterai
  7. Skill tambahan, menganalisis kerusakan kendaraan
Sekali lagi, skill seorang mekanik diatas adalah menurut kami, dengan mengolah informasi sebelumnya diatas. Sebaiknya anda mencari informasi lebih banyak mengenai informasi skill seorang mekanik, salah satunya pada link ini.
Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!