Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Intalasi Khusus yang ada di bengkel otomotif

Intalasi Khusus yang ada di bengkel otomotif menunjukkan adanya manajemen bengkel yang baik. Tata kelola bengkel yang baik ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk kembali datang kebengkel anda.

Ada beberapa instalasi khusus peralatan bengkel yang harus dibuat. Apa saja instalasi khusus yang ada dibengkel otomotif yuk simak.

1. Kompressor



Instalasi khusus yang ada dibengkel otomotif adalah kompressor. Jika anda berkunjung ke bengkel resmi ATPM, anda tidak akan mendengar ada suara kompressor udara. Kompressor udara ini berfungsi menghasilkan udara bertekanan dan digunakan untuk membersihkan komponen. Lalu dimana mereka menempatkan kompressor ini? Kompressor biasanya diletakkan diruangan khusus dan jauh dari ruang utama perbaikan. Agar udara bertekanan ini sampai keruang perbaikan, dipasang intalasi menggunakan pipa besi. Lalu dipasangkan air hose reel pada ujung pipa instalasi.

2. Gas buang (hose long pit)


Saat mekanik memperbaiki kendaraan perlu menghidupkan mesin dan menarik gas tinggi. Tentu saja suara mesin akan mengganggu telinga pelanggan yang sedang menunggu perbaikan kendaraanya. Untuk mengatasi suara dan gas buang yang keluar dari knalpot dibengkel dilengkapi instalasi khusus yang akan menyalurkan suara dan gas buang jauh dari ruang perbaikan. Hose long pit memiliki corong yang terbuat dari karet. Corong ini akan menutup knalpot dan menyalurkan gas buang jauh dari ruang perbaikan. Suara mesin yang berisik akan berkurang total saat corong hose long pit ini menutupi knalpot.

3. Scantool


Scantool adalah sebuah komputer pintar yang akan memeriksa kerusakan pada sistem engine manajemen kendaraan. Awalnya alat ini dibuat portable seperti seukuran tablet. Namun saat ini, bengkel resmi ATPM sudah menggunakan komputer sebagai scantool. Komputer scantool ini memerlukan instalasi khusus, layar atau monitor akan ditempatkan diatas (kepala), sementara CPU dibawah. Kabel khusus diperlukan unutk menghubungkan komputer dengan konektor ECU kendaraan.

Itulah Intalasi Khusus yang ada di bengkel otomotif yang sekarang semakin canggih. Bengkel yang tertata rapi dan memiliki peralatan terkini, mempunyai daya tarik tersendiri kepada pelanggan.

Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!