Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

MENGGANTI AIR RADIATOR DENGAN WATER COOLANT

mengganti-air-radiator-dengan-water-coolant

MENGGANTI AIR RADIATOR DENGAN WATER COOLANT

Ada banyak kontroversi dari Seputaran Air Radiator, begitu banyak Kabar angin yang beredar dimasyarakat bahwa Mesin lama serta radiator yang kotor karena kerak dilarang memakai coolant karena akan mengakibatkan radiator menjadi berlubang.

Kami disini bukan ingin menjawab kontroversi itu, cuman ingin memaparkan langkah-langkah yang perlu diambil dalam mencoba untuk bermigrasi dari air radiator biasa menjadi water coolant. Serta bila semua prosedur sudah dijalani dengan benar niscaya harusnya Kejadian mesin overheating dijalan serta yang berakibat fatal pada mesin pembaca mungkin akan sedikit bisa dicegah. Bila tertarik silahkan lanjutkan membaca,


Dasar Teori MENGGANTI AIR RADIATOR DENGAN WATER COOLANT: 

Mesin Ketika Hidup akan menghasilkan Panas, Mesin butuh suhu ideal untuk tetap menjaga performa serta dapat bekerja dengan ideal, Untuk itulah maka diciptakan Radiator berpendingin Air untuk mendinginkan serta menstabilkan suhu. ( di beberapa mesin ada yang berpendingin udara serta berpendingin oli ). 
Yang jadi masalah dengan berjalannya waktu Air karena sifatnya cenderung menghasilkan kerak serta Karat ? Moga Moga saja Pembaca yang Budiman ingat akan pelajaran SMP tentang Mata Pelajaran Fisika tentang Air Sadah ( di situ diterangkan mengapa Panci dari Ibu Kami didapur yang berfungsi untuk mendidihkan air minum ternyata berkerak didasarnya ) Kalau ngak ingat ya ngak apa apa, karena mungkin pada waktu pelajaran tersebut pembaca sesertag Membolos atau tertidur karena terkemudian giat belajar semalam dirumah. hi99 Joke yaaaaaa ...... :) 

Celakanya hal itu juga berlaku di Radiator mobil Kami, Tapi Para Ahli ahli Kimia sudah menciptakan penangkalnya yaitu setiap mesin dari pabrik sudah diperlengkapi dengan Water Coolant. Tetapi untuk mobil yang lama karena perawatan yang lalai serta sebagainya kemudian hari air radiatorpun diisi kembali dengan air biasa serta kemudian kotor. 
Setelah Radiator Kotor serta mampet karena kerak? maka bagaimana Caranya biar bersih Kembali?
Jawabnya = Dibawa Ke tukang Radiator untuk Dikoroki serta dibersihkan. 
Ya itu jawaban benar tetapi tidak seluruhnya benar, Coba pembaca perhatikan gambar Jalur Air radiator selain di radiator air akan memutar keseluruh water pump, thermostat , mantel2 jaket pada mesin, coba bayangkan bagaimana kami membersihkan jalur jalur itu ? Sulit bukan? Salah satu Solusi adalah dengan memakai bantuan Cairan Radiator Flush. Ayo Kami memflush radiator kami sendiri, Mudah kok caranya.


Cara Kerja MENGGANTI AIR RADIATOR DENGAN WATER COOLANT: 

1. Pembaca Beli Radiator Flush di toko, beserta coolant, pembaca dapat membeli sembarang merk ada banyak disana, ada merk dobeli, STP, Prestone, Top1, Serta lain lain.
2. Setelah Dapat silahkan baca terlebih dahulu instruksi manualnya di keterangannya.
3. Setelah itu silahkan pembaca menuju ke ruang mesin, persiapkan air secukupnya. serta buanglah air radiator di mesin mobil pembaca, caranya buka sumbat radiator dibagian bawah, biasanya dipojok paling bawah, ada sumbat dari plastik, buka sesuai dengan putaran mengendori Baut. 
4. Setelah air Radiator keluar semua, silahkan isi dengan air lagi sampai penuh kemudian hidupkan mesin, kira kira 5 menit. setelah itu buka tutup radiator ( awas hati hati karena panas) kemudian buang kembali air radiator tersebut. bila air radiator tersebut keruh berwarna kecoklatan, silahkan ulangi lagi sampai air menjadi jernih ( proses buang serta isi, ya memang agak melelahkan, tapi itu yang harus dilakukan bila ingin mendapat hasil terbaik) 

5. Setelah selesai maka silahkan lakukan mengisi kembali radiator beserta Cairan flush ( flushing radiator segera dimulai ). Setelah itu penuhi radiator dengan air, kemudian tutup serta hidupkan mesin 5 - 15 menit ( tergantung dari petunjuk dari kemasan di flush tersebut ). Setelah waktu yang ditetapkan selesai, kemudian buang kembali air bekas flush tersebut. ( lakukan seperti no.4, Lakukan sampai menjadi bersih ( menurut pengalaman Kami kuras serta buang tergantung tingkat kekotoran dari kerak radiator pembaca, bisa sampai 4 - 5 kali kuras )
6. Setelah menjadi bersih, jangan lupa untuk membersihkan selang dari radiator menuju ke kotak reservoir, bersihkan juga kotaknya dari kerak kerak.
7. Kemudian Radiator silahkan pembaca isi dengan Radiator Coolant, beserta kotak reservoirnya juga.



Menguras Radiator yang sudah bercoolant 


Kemudian Bagaimana bila radiator kami sudah bercoolant serta ingin mengganti dengan coolant yang baru ( misalnya udah lama dipakai ) Caranya lebih simple. 

1. Siapkan Tempat penampungan untuk menampung coolant yang akan diganti. Kemudian buka tutup radiator bagian bawah, jangan lupa buka tutup radiator bagian atas. 

2. Setelah semua air terkuras segera tutup radiator bawah, kemudian sekalian jangan lupa lepas tangki reservoir dengan cara menariknya keatas. kemudian isi dengan coolant baru. 

3. Lalu pembaca harusbersihkan tangki reservoir, serta bila ingin pembaca bisa juga memberi cat pada petunjuk upper lever serta lower level, agar mudah bagi kami untuk mengetahui ketinggian air waktu dipasang dimobil. Jangan lupa untuk memastikan saluran tidak mampet, tiup Selang penghubung dari radiator ke tangki reservoir. 

4. Kemudian isi tangki dengan coolant sebelum dipasang ( mempermudah pemasangan saja daripada diisi setelah tangki terpasang. Pembaca bisa mengisinya kemudian, terserah pembaca. 

5. Pasang tanki ketempat semula. 

6. Tutup kembali radiator serta nyalakan mesin kemudian periksa terhadap kebocoran. 

Semoga Bermanfaat 

Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!