Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kegiatan Reflektif : Kecerdasan Reflektif

Meninjau ulang dan mengevaluasi tidak hanya dilakukan atas apa yang telah anda pelajari, tetapi, yang paling penting, adalah bagaimana yang anda pelajari menjadi dia namun aman aman"jantung" ses pembelajaran. 

Pemantauan diri, evaluasi diri dan intropeksi terus-menerus adalah karakteristik kunci yang harus dimiliki oleh pembelajar yang mempunyai motivasi diri.

Menjelang akhir kegiatan, kami menganjurkan agar para guru secara teratur memperkenalkan aktivitas yang melibatkan refleksi kembali.


Kegiatan refleksi dapat dilakukan dengan:
1. Penilaian tertulis maupun lisan oleh anak didik kepada guru, isi ungkapan kesan, pesan, harapan, serta kritik membangun atas pembelajaran yang diterimanya.
2. Menilai pendidik oleh peserta didik
3. Kegiatan refleksi pembelajaran merupakan kegiatan penilaian atau evaluasi proses dan hasil belajar siswa dalam rangka memperoleh balikan terhadap proses belajar mengajar.
4. Kegiatan refleksi pembelajaran merupakan kegiatan men diagnosis kesulitan belajar siswa dalam rangka perbaikan proses pembelajaran.

Sebagai pelajar yang cakap mengelola diri, ada pertanyaan sederhana namun penting untuk diajukan kepada diri sendiri:
1. Apa yang paling anda senang i atau tidak senang i dari pelajaran hari ini? Kenapa?
2. Apa yang tidak anda pahami? Jika ada
3. Yang bisa anda lakukan untuk menjamin itu bisa dipahami? Kepada seorang teman?
4. Apa sukses terbesar anda hari ini?
5. Teknik-teknik belajar apakah yang paling cocok bagi anda?

Administrator
Administrator Buku catatan digital seorang guru yang menuangkan pengetahuan kedalam tulisan. Semoga artikel tulisan saya bermanfaat bagi orang banyak. Mari menulis! Mari Membaca!